Mengetik cepat. Bagaimana kemampuan anda dalam mengetik? Apakah sudah baik atau masih ada sedikit kekurangan yang menyebabkan masih belum memuaskan? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang “Mengetik Cepat : Kemampuan yang Harus Dimiliki pada Era Digital”, untuk itu yuk kita lanjutan baca artikelnya.

cara mengetik cepat


Alasan Kenapa Harus Bisa Mengetik Cepat

Tahun 2019 ini rasanya kita sudah sangat familiar dengan perkembangan di dunia digital, mulai dari aplikasi chatting seperti whatsapp, telegram, line hingga ke dunia sosial media seperti facebook, twitter dan lainnya. 

Nah, terus kenapa kita mesti bisa ngetik? Apa yang mendasari kita mesti bisa ngetik, apalagi mesti cepat?

Jawabannya : Dengan mengetik cepat kita bisa menyelesaikan tugas dalam waktu yang relative singkat. Artinya akan lebih banyak tugas yang bisa dikerjakan, akan lebih banyak waktu luang yang bisa digunakan, akan lebih banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan.

Anggaplah kita sedang melakukan simulasi di dunia nyata. Ada seorang anak yang baru saja lulus dari SMA, kemudian kita bertanya kepada anak tersebut 

Tanya : Apa yang akan kamu lakukan setelah lulus sekolah?
Jawab : Saya ingin bekerja.
Tanya : Kamu mau bekerja sebagai apa?
Jawab : Apa saja, kasir mini market boleh, admin perusahaan boleh, atau office boy.

Tanpa mengurangi rasa hormat penulis kepada setiap pegawai dengan jabatan office boy, tentu anda ingin naik jabatan menjadi staff adminstrasi atau pekerjaan dengan tingkat yang lebih tinggi. 

Disisi lain kita ambil contoh anak tersebut memilih untuk menjadi kasir mini market. Lalu pernahkan anda memperhatikan bahwa untuk menjadi seorang kasir mini market saja diperlukan kemampuan menggunakan komputer dan mengetik dengan cepat.

Bayangkan jika : seorang kasir indomart atau alfamart bekerja dengan lambat ketika menginput data transaksi penjualan, antrian di kasir akan panjang, transaksi penjualan akan lama dan pengunjung akan kecewa dengan pelayanan yang lambat.

Nah, jadi apakah anda sudah mengerti kenapa kita mesti bisa mengetik dengan cepat?
Bayangkan jika cita-cita anda ingin menjadi seorang programmer, perlu kemampuan mengetik cepat. Jika anda  menjadi sekretaris juga perlu kemampuan mengetik cepat.


Tips Cara Mengetik Cepat

Oke, pada bagian kali ini kita akan membahas bagaimana tips agar kita bisa mengetik dengan cepat. Ada banyak faktor yang menyebabkan kemampuan mengetik seseorang masih dikatakan rendah, beberapa diantarnya adalah :
  • Belum terbiasa dengan aktifitas mengetik karena bukan bidangnya
  • Tidak terbiasa dengan layout keyboard atau laptop yang baru, dll.
Lalu bagaimana agar kemampuan mengetik kita bisa meningkat dari hari ke hari? Berikut adalah beberapa tips yang mungkin perlu anda coba untuk meningkatkan kemampuan mengetik anda :
  1. Miliki sebuah keyboard atau laptop untuk latihan mengetik
  2. Setting setiap jemari anda untuk terbiasa dengan perangkat yang anda miliki
  3. Perbanyak latihan mengetik dengan kalimat-kalimat yang cukup sulit untuk diketikan.

 

Miliki Keyboard Yang Sesuai

Untuk menjadi seorang yang memiliki kemampuan mengetik cepat, tentu kita harus melakukan latihan-latihan dan latihan. Pertanyaannya bagaimana jika anda tidak memiliki keyboard untuk belajar mengetik? Mulai saat ini cobalah untuk menyisihkan sedikit uang untuk membeli papan keyboard favorit anda.

 

Setting Jari Anda Terbiasa dengan Keyboard

Anda memiliki 10 jari tangan, setiap jari memiliki pos pada tombol yang berbeda beda. Jika saat ini anda hanya menggunakan jari telunjuk anda untuk mengetik, itu tandanya kemampuan mengetik anda menggunakan metode sebelas jari.
cara mengetik cepat

Ilustrasi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan anda mengetik cepat ialah:
  • Jari kelingking kiri berada pada tombol huruf a, dan siaga untuk huruf z, q dan lainnya
  • Jari manis kiri berada pada tombol huruf s, dan siaga untuk huruf x, w dan lainnya
  • Jari tengah  kiri berada pada tombol huruf d, dan siaga untuk huruf c, e dan lainnya
  • Jari telunjut kiri berada pada tombol hufug f, dan siaga untuk huruf v, r dan lainnya
  • Ibu jari atau jembol stanby untuk menekan tombol spasi

 

Perbanyak Latihan Mengetik

Hal yang paling penting dalam proses meningkatkan kemampuan mengetik cepat adalah dengan latihan. Lakukan proses mengetik se-sering mungkin. Ini perlu dilakukan secara terus-menerus hingga kita mulai memahami dan terbiasa dengan mengetik, tidak perlu lagi melihat huruf-huruf pada keyboard. Satu hingga dua minggu anda terbiasa latihan mengetik cepat, tanpa disadari kemampuan mengetik anda akan meningkat.


Rahasia Teknik Mengetik Cepat

Setelah anda mengetahui tips mengetik dengan cepat, apakah anda sudah yakin bisa meningkatkan kemampuan mengetik anda dengan cepat? Yakinlah anda bisa, dan anda pasti bisa. Namun ada beberapa rahasia tambahan untuk meningkatkan kemampuan mengetik cepat anda, berikut adalah rahasianya :

 

Kembalikan Jari Pada Posnya

Jika pada point sebelumnya anda sudah membaca, jari kelingking berada pada tombol huruf Adan siaga untuk huruf Z dan Q. Maka pastikan setelah anda menekan huruf Q atau Z jari kelingking anda menempati tombol huruf A lagi, begitu pula dengan jari yang lainnya.

 

Gunakan 10 Jari Anda

Semakin banyak jari yang anda gunakan untuk mengetik, tentu kecepatan mengetik anda makin cepat. Mulai saat ini biasakan menggunakan 10 jari untuk mengetik, hindari hanya menggunakan telunjuk untuk menekan semua tombol. Lakukan belajar mengetik cepat dengan cara yang benar.

 

Tidak Melihat Keyboard

Rahasia selanjutnya dari metode belajar mengetik cepat adalah dengan cara tidak melihat ke arah keyboard. Anda bisa saya menutup tangan anda dengan sehelai kain untuk memastikan tidak melihat ke arah papan keyboard. Hal ini tidak bisa dilakukan untuk orang awam yang baru saja belajar mengetik, untuk menerapkan Teknik ini, setidaknya anda sudah menghafal tata letak masing masing huruf.

 

Hafalkan Shortcut

Rahasia terakhir dari cara meningkatkan kemampuan mengetik cepat ialah menghafalkan setiap shortcut yang mungkin bisa kita gunakan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi penggunaan mouse ketika mengetik. Apa itu shortcut? Tombol cepat yang mewakili sebuah fungsi, seperti :
  • Ctrl + A untuk melakukan block semua
  • Ctrl + C untuk Copy
  • Ctrl + P untuk Paste
  • Ctrl + Z untuk Undo, dan lainnya.
Demikian artikel tentang “Mengetik Cepat : Kemampuan yang Harus Dimiliki pada Era Digital”. Apakah cukup membantu anda dalam mendapatkan informasi cara mengetik cepat?

Silahkan komentar di bagian bawah jika anda memiliki tips lainnya untuk meningkatkan kemampuan mengetik cepat.

Terima Kasih.

1 Komentar

Posting Komentar