pendidikan-anak-usia-dini

Apa itu paud?

Paud ( pendidikan anak usia dini ) adalah jenjang pendidika sekolah anak – anak yang berusia 4-6 tahun untuk menuju pendidikan sekolah dasar.

Tujuan pendidikan paud , yaitu :

1. Mendorong potensi anak 
2. Menghasilkan anak berkualitas 
3. Menghasilkan anak berakhlak mulia
4. Menghasilkan anak mandiri 
5. Menghasilkan anak penuh percaya diri
6. Menghasilkan anak berkreativitas
7. Menghasilkan kemampuan anak berbahasa 
8. Menempuh kesiapan anak untuk menuju kejenjang sekolah dasar

Apa yang harus di pelajari sebagai guru paud ?

1. Mempelajari visi dan misi sekolah paud 
2. Mempelajari kurikulum sekolah paud 
3. Mempelajari cara mendidik anak sekolah paud 
4. Mempelajari kegiatan pembelajaran sentra paud : 

Sentra persiapan

  • persiapan bahasa : contohnya, kegiatan menulis huruf, membaca, meronce huruf dan mengenal abjad.
  • persiapan matematika : contohnya, mengenal angka, menulis angka, meronce angka, dan menyambungkan jumlah bilngan dengan gambar.


Sentra eksplorasi
Contohnya: mengecap dengan jari , memindahkan air, mencium berbagai jenis makanan , dapat merasakan perbedaan rasa,  membuat gelembung sabun, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sentra olahraga 
Contohnya, senam bersama, bermain bola, bermain bola sepak , congklak, bola bekel, sondah , tikus kucing , dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sentra ibadah 
Contohnya, praktek wudhu, praktek sholat, cerita kisah nabi, menonton kisah nabi, menulis, mengkolase dan meronce huruf hijaiyah.

Sentra drama 
Contohnya, bermain peran, bermain masak –masakan,dan  bermain mendongeng.

Sentra balok 
Contohnya, bermain balok, menyusun balok, menjiplak balok, dan membuat berbagai tempat dari balok.

Sentra kreasi 
Contohnya, membuat berbagai hasil karya. contonya, membuat alat musik, membuat mahkota dari daun dan bermain gerakan mengikuti irama musik.

5. Mempelajari 6 aspek perkembangan anak sekolah paud :

Nilai agama dan moral 
Mengenalkan  tentang agama , tentang keesaan allah, tentang ibadah, berperilaku jujur, penolong,  berperilaku sopan, mengenalkan rukun iman dan islam, mengenalkan malaikat dan nabi, mengenalkan sifat-sifat allah, mengenalkan asmaul husan dan mengenalkan kalimat-kalimat thayyibah.

Fisik motorik

  • fisik motorik kasar : anak memiliki kemampun gerak tubuh, melatih kekuatan dan keseimbangan otot pada tubuh. Misalnya, anak dapat mengikuti gerakan senam, menari,  meloncat , melompat , berlari, berjalan mengikuti garis, berjinjit, berjongkok,  dan anak mampu mengikuti gerakan – gerakan yang di contohkan oleh guru. 
  • fisik motorik halus : anak memiliki kemampuan untuk menggunakan alat. Misalnya, anak dapat memegang pensil, dapat menggunting, melipat kertas, mengelem, meremas kertas, menyobek kertas, memeras baju yang basah, menyikat, memungut benda, mengecap dengan jari, mengenggam benda,  dan dapat menulis nama sendiri.

Kognitif
Anak mampu memiliki kemampuan berpikir saat kegiatan belajar mengajar. Misalnya, anak dapat memecahkan masalah saat kegiatan , anak dapat mengenal perbedaan pola, mengenal sebab akibat , anak dapat menyebutkan macam – macam warna,  angka, dan  abjad.

Bahasa 
kemampuan anak dalam menyimak cerita dan intruksi dari guru, mendengar dengan baik, mampu bertanya kepada guru, mampu menjawab saat guru bertanya dan saat kegiatan, dapat berbicara dengan teman – temannya.

Sosial – emosional
Anak mampu memiliki kemampuan rasa bertanggung jawab untuk diri dan orang lain , dapat mentaati aturan dalam sekolah maupun kelas, menjadi anak yang mandiri, berani , berteman dengan teman lainnya, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan , mampu mengendalikan diri saat marah dan mampu berbagi makanan dengan teman – temannya.

Seni 
Anak memiliki kemampuan mengekspresikan diri , mengikuti gerakan musik sesuai dengan irama, drama ,melukis, mengkolase gambar , mewarnai gambar, mengecap gambar , dapat membuat alat musik dari barang bekas (  botol di isi dengan batu  , pasir, krikil ),  dapat membuat berbagai hasil karya dari kertas ( membuat baju , perahu, pesawat dan masih banyak yang lainnya lagi ).

Senangnya menjadi guru paud, yaitu:


  1. Mengetahui banyak hal tentang anak. Menjadi guru paud kita bisa mengetahui banyak hal tentang anak misalnya , mengetahui kemampuan anak , kepribadian anak , sifat dan sikap anak.
  2. Menyenangkan saat kegiatan belajar mengajar. Saat kegiata belajar mengajar anak paud tidak membosankan , karena saat kegiatan berlangsung guru paud selalu menambahkan kegiatan bermain.
  3. Mudah untuk menghilangkan rasa kesal dalam diri sendiri. Misalnya , saat sebelum berangkat kerja kita punya masalah dan membuat kita merasa kesal dengan masalah itu , tapi setelah sampai ketempat kerja masalah itu hilang. karena kita bertemu dan bermain dengan anak ,dan dengan mudahnya kita bisa melupakan masalah itu.
  4. Dapat belajar  berkreativitas dalam segala hal. Menjadi seorang guru paud kita bisa belajar dan mengeluarkan kemampuan berkreativitas kita dalam menghias sekolah, kelas, dan bahkan saat kegiatan belajar mengajar.
  5. Bisa bertemu dengan anak-anak yang lucu dan menggemaskan 
  6. Bisa bertemu dengan guru-guru yang hebat, kreatif, dan lucu 
  7. Memiliki banyak pengalaman yang tidak bisa dimiliki banyak orang dengan begitu saja.
  8. Dapat menjadikan diri menjadi seorang yang  penyabar
  9. Menjadi guru yang berpengaruh besar dalam pendidikan
  10. Dapat menjadikan kita untuk mencintai anak- anak
  11. Menjadi tempat curhat dari anak – anak
  12. Selain menjadi guru kita juga bisa menjadi teman baginya
  13. Menjadi keluarga kedua dari anak- anak
  14. Waktu jam kerja yang tidak lama dan bisa pulang cepat
  15. Banyak memiliki waktu libur

Ditulis Oleh : Siti Asiah


8 Komentar

  1. MasyaAllah terimakasih ilmunya, barakallah bu guru.. 😍

    BalasHapus
  2. Masya Allah semoga berkah ya bu guru aamiin

    BalasHapus
  3. Kereen sekali.. Terimakasih atas ilmunya bu..

    BalasHapus
  4. Masya Allah semoga berkah ya bu guru aamiin

    BalasHapus
  5. Masya Allah semoga berkah ya bu guru aamiin

    BalasHapus
  6. Masya allah semangat terus ibu guru, semoga selalu di beri keberkahan dan kesehatan😘

    BalasHapus
  7. Kereeen bu guruuu👍 Barakallah..
    Terimakasih bu atas ilmunya

    BalasHapus

Posting Komentar