Cara Mengelola Stress dan Emosi Negatif
Anda pasti pernah mengalami stress, mulai dari masalah kecil hingga masalah besar. Gimana cara mengatasinya?
Di antara tema yang kerap muncul permasalahan adalah mengenai Cinta, Kesehatan, Keuangan dan lain-lain. Dan itu semua harus kita hadapi karena setiap permasalahan itu semua pasti ada jalan keluarnya.

Menghadapi permasalahan yang ada tentu saja tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Namun, ada hal yang unik di setiap permasalahan tersebut bahwa solusi untuk suatu masalah kadang kala datang sendirinya.

Hal yang paling terpenting dan utama untuk di lakukan ketika seseorang menghadapi suatu permasalahan adalah dengan cara mengutamakan Ketenangan Diri.
Ketenangan diri menjadi hal yang paling utama bagi seaeorang untuk dapat berpikir secara jernih karena emosi yang negatif terkadang justru membuat keadaan jadi Rumit, Pusing, dan susah untuk berpikir bukan masalah teratasi. Maksudnya, mungkin saja Emosi Negatif yang anda luapkan akan memberikan kelegaan diri, sedangkan permasalahan yang sudah terjadi dan di hadapi sering kali, memberikan dampak negatif terhadap kita dan juga orang lain. Bahkan tanpa di sadari, hal itu kerap membuat seseorang menjadi trauma, tidak percaya diri lagi dan bisa juga putus asa.

Di antara masalah semua itu yang menyebabkan hal itu terjadi adalah kurang ikhlasnya seseorang di dalam menerima keadaan, kurang bersyukur, padahal semua permasalahan itu sudah ada jalan keluarnya. Dan yang terpenting untuk di ketahui bahwa emosi yang terpendam bisa menjadi sumbatan tersendiri untuk diri kita.
Misalnya seseorang Putus Cinta oleh kekasih yang sangat di cintai nya. Adanya rasa kehilangan membuat seseorang merasa Sedih, Galau, dan Hampa terasa dalam kehidupan.
Bahkan, ia merasakan kesedihan yang berlarut-larut, adapula marah-marah dan membanting barang yang ada di sekitarnya, dan bisa jadi orang tersebut di sebut orang gila.
Kemudian, dia pergi dan menangis di kamar hal tersebut sudah pasti membuat keluarganya dan juga teman-temannya khawatir dan cemas terhadap. Dan ini merupakan sebuah contoh luapan hal yang negatif terhadap lingkungan sekitar.

Kemudian semakin hari seorang tersebut akhirnya kembali tersenyum, Ceria sebagaimana hari-hari sebelumnya.
Akan tetapi, sesudah ia mengetahui fakta yang sebenarnya ada orang ketiga, maka ia pun merasa trauma dan juga dendam. Dendam terhadap mantan kekasihnya dan trauma dengan adanya Cinta.

Ini menjadi contoh salah satu akibat dari emosi negatif yang terlalu berlebihan dan akhirnya menjadi sumbatan dalam dirinya dan orang lain.
Sumbatan emosi yang ada dalam dirinya tersebut menjadikan sikap seseorang tidak percaya diri, dan tidak Stabil. Apabila hal tersebut di biarkan maka bisa berdampak kepada tubuhnya, dari emosi yang tersumbat dan tubuhnya tidak kuat menahan hal tersebut maka akhirnya dia bisa sakit dan akan melanda dirinya dan berakibat bunuh diri.
Bisa di alami dengan gejala insomnia, kemudian bisa berlanjut kepada depresi yang berlebihan, sampai bisa jadi asam urat naik, apabila itu semua di biarkan begitu saja maka di dalam waktu yang cepat bisa memunculkan penyakit Jantung.

Dan tentu saja ini merupakan jenis penyakit berbahaya yang perlu di cegah dari sejak saat ini.
Hal tersebut adalah sesuatu yang mendasari bahwa seseorang harus bisa mengatasi stress mereka dengan baik sehingga emosi negatif menjadi terkondisikan.
Hal itu di sebabkan karena pengatasian stress yang tidak tepat bisa merusak dirinya dan lingkungannya.
Di antaranya cara yang tepat untuk mengatasi Stress dan juga Emosi Negatif adalah dengan Memakai WRITING THERAPY atau TERAPI MENULIS.
Terapi menulis ini bisa dapat menjadikan emosi kita tersalurkan dengan sangat baik, Bahkan ini pula bisa menjadikan metode pengatasian emosi yang sangat aman dan tanpa ada efek samping nya.

Dengan adanya jalan keluar semacam ini, Stress kita pun akan berkurang dan emosi kita kian pun akan normal dan Stabil.
Selain itu, kita juga bisa menemukan suatu hikmah nya dari kejadian yang ada, dan juga bisa menjadikan jembatan bagi seseorang untuk lebih introveksi diri lagi dari pada harus mencari kesalahan orang lain/ kambing hitam. Karena setiap seseorang menjadikan andil atas berbagai permasalahan yang datang kepada mereka.
Selain itu, terapi menulis juga akan memberikan manfaat untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. Karena terapi tersebut juga bisa dapat mengambil hikmah dan pelajaran berharga dari setiap masalah yang pernah di alami tersebut.

Dan di masa yang akan mendatang, sehingga ketika ada masalah yang sama menghampiri maka tentu saja kita sudah lebih berpengalaman untuk mengatasinya.
Dan tentu saja itu bisa membantu meningkatkan sikap kedewasaan dan kebijaksanaan kita, dengan hal tersebut masalah akan semakin mudah untuk kita atasi.
Terapi menulis ini bisa di lakukan dengan grup Fasilitator, tujuan nya untuk satu sama yang lainya bisa semakin menguatkan. Akan tetapi, jika tidak kemungkinan untuk membuat suatu grup, maka kita pun bisa menuliskan pengalaman dan hikmah yang bisa dapat di ambil dari pengalaman Stress akibat percintaan tersebut.
Bagaimana pun bentuk dari tulisan tersebut tidak perlu di hakimi benar salahnya karena sejatinya itu ialah tempat untuk meluapkan emosi kita, dan tidak pula peduli apakah itu adalah suatu bentuk maki, Puisin atau Cerita.

Karena pada dasarnya cara mengatasi Stress dan emosi negatif salah satunya harus melakukan Writing Therapy atau Terapi Menulis.
Karena jika tidak di atasi bisa mengakibatkan timbulnya penyakit seperti: Stess, Emosi tidak terkendali, dan juga bisa mengakibatkan penyakit jantung jika tidak di atasi.

Ditulis Oleh : Ahmad Enji Yusup

7 Komentar

  1. Artikel ini menambah wawasan saya tentang alternatif mengatasi emosi negatif, terima kasih ditunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Ihh baguss,luar biasa anak muda ini

    BalasHapus
  3. Luar biasa sekali, sangat memotivasi

    BalasHapus
  4. luar biasa anak muda ini

    BalasHapus

Posting Komentar