fakta-mengenai-industri

Fakta Mengenai Industri - Kata industri dalam (bahasa inggris yaitu : indutrious) yang artinya kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi atau barang jadi menjadi barang yang bermutu tinggi dalam penggunaannya, termasuk kegiatan rancangan bangun  dan perekayasaan industri  kegiataan proses produksi  dalam industrian.

Kebanyakan orang mengasumsikan bahwa industri hanyalah kegiatan ekonomi manusia yang mengolah bahan baku/ bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau bahan jadi. Padahal pengertian industri sangatlah luas, proses industri ini meliputi semua kegiatan manusia dalam suatu bidang tertentu yang sifatnya produktif dan komersial. Kata industri berasal dari bahasa Francis kuno yaitu "industrie" yang berarti aktivitas, tetapi kata tersebut dasarnya berasal dari bahasa latin yaitu "Industria" yang memiliki arti kerajinan dan aktivitas.

Pengertian dari tujuan dari perkembangan industri

Dalam arti yang lebih luas perkembangan industri adalah suatu bidang yang bersifat  menggunakan keterampilan kerja serta teknologi untuk menghasilkan suatu produk dengan tujuan mendapatkan keuntungan,dalam  kata  yang lebih mudah Produk industri tidak hanya berupa barang  tetapi juga dalam bentuk jasa, contoh hasil produksi dalam bentuk jasa seperti misalnya pupuk,kimia,karet,semen,makan ,minum,otomotif, dan sebagainya.
Dan suatu industri indentik dengan tempat dimana berlangsungnya suatu perindustrian yaitu pabrik, dalam arti luas pabrik adalah tempat manusia bekerja menggunakan mesin dan teknologi, biasa menggunakan berbahan material, energi,sumberdaya yang dikelola bersama-sama dalam suatu sistem produksi dengan tujuan menghasilkan suatu produk dan jasa yang efektif, efisien dan aman yang siap digunakan oleh masyarakat umum maupun dapat diolah lebih lanjut untuk menghasilkan jenis produk yang lainnya.

Kenapa industri itu penting

Bahwa sektor industri memiliki peran yang strategi untuk memajukan ekonomi pembangunan nasional di indonesia saat ini karena mempunyai misi yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja, pemerintah sendiri menargetkan pertumbuhan industri di manufaktur pada tahun 2012% lalu 20,58 dari total PDB (Pertumbuhan Domestik Bruto),sementara itu laju pertumbuhan ekonomi di indutri non-migas mencapai 6,40% dan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi yang hanya tumbuh 6,23% di targetkan pertumbuhan ekonomi di indonesia di bidang manufaktur 7,13% yang di topang oleh sejumlah sektor dan di bagi menjadi 5 sektor yaitu :

Kegunaan pupuk untuk industri

Pupuk adalah material yang digunakan untuk tanaman yang membuat  subur sayuran dan buah yang perjual belikan melalui media perorangan atau jasa perusahaan industri ini selalu berhubungan dengan para petani yang ada di setiap daerah karna penggunaan yang di peruntuhkan untuk media sawah.

Selain itu pupuk di bagi menjadi pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan seperti kambing dan non organik yang di buat industri menggunakan campuran bahan senyawa kimia.

Kimia untuk industri

Kimia ilmu yang mengenai alam termasuk ilmu fisika digunakan dalam industri untuk mempermudah karna zat senyawa yang mudah tercampur dan di gunakan biasanya di pabrik textil dan obat-obatan  .

Di samping itu ilmu kimia bermanfaat dalam kehidupan sehari hari biasanya lulusan sekolah smk atau lulusan s1 yang bekerja di bidang analisi di perusahaan.

Industri makanan

Sangat dibutuhkan karna sebagian dari kehidupan di menjadi perputaran kehidupan untuk di olah dan di perjual belikan di industri dan pabrik di setiap daerah, kota,dan di negara manapun di dunia termasuk indonesia menjadi komoditas yang penting seperti roti,donat dll.

Makanan berasal dari bahan baku yang berbahan tanaman atau tumbuhan yang sudah di olah pabrik dan sudah di perjual belikan kepada masyarakat.


Industri minuman

Sektor usaha yang merujuk yang kepada miuman kemasan dan serbuk seperti soda,jus,air putih kemasan botol ,dan minuman berkarbonat dalam kaleng seta minuman serbuk yg d extract kopi teh dll.

Miuman yang di buat di industri lebih banyak di buat masal setiap hari dan menggunakan campuran bahan kimia yan sesuai takarannya.
  

Industri Otomotif

Bidang yang di banyak berhubungan dengan perkakas, mesin, dan menggunakan alat ukur dan industri yang cukup besar yang mempermudah pekerjaan manusia dan menghasilkan kendaraan bermotor atau mobil ini cukup menghasilkan dari pejualan yang biasanya di beli masyarakat kelas atas ataupun sedang yang mengalami peningkatan penjualan setiap tahun .

Bengkel pun termasuk otomotif karna dia yang membetulkan kendaraan bila rusak atau pun butuh perawatan

Hal yang membuat pertumbuhan industri maju

Kesimpulan industri bisa di katakan maju apabila telah melakukan  program pertama dengan melakukan kebijakan fiskal untuk mendorong investasi di industri di dalam negeri sepertita holiday untuk pioner industri,tax allownce untuk  industri tertentu di daerah

Pertama, dengan melakukan  bea masuk di tanggung pemerintah (BMDTP), pembebasan pajak pertambahan nilai (ppn), pajak penjualan atas barang mewah (PpnBM), bea masuk antara lain untuk komponen kendaraan bermotor,serta penetapan bea keluar untuk 65 jenis tambang mineral .

Kedua, bisa juga harmonisasi kebijakan pengembangan industri berbasis hasil tambang mineral terkait dengan keuntungan dan divetasi, serta melakukan perizinan dan royalti
Bagi pertumbuhan industri.

Ketiga, melakukan upaya promosi produk barang industri hasil tambang mineral dan juga hasil bumi yang di buat industri dalam negeri bisa menguatkan pertumbuhan ekonomi.

Dari ketiga hal itu yang bisa dilakukan industri untuk meningkatkan pertumbuhan ekononomi saat ini di tengah pasar industri yang tak menentu, semoga informasi yang saya berikan berguna untu kalian semua.

Ditulis Oleh : Haidir Ali

Post a Comment