faktor-keberhasilan-bermain-futsal

Belakangan ini olahraga futsal semakin digemari oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Olahraga ini cukup menarik perhatian hampir disemua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan. Sejarah futsal sendiri pertama kali dikenalkan oleh Juan Carlos Ceraini pada tahun 1930 di Uruguay.

Keunikan futsal ini mendapat perhatian khusus diseluruh Amerika Selatan, khususnya Brazil. Futsal ini berbeda dengan sepakbola, dalam sepakbola terdapat 11 pemain, sedangkan dalam futsal hanya dimainkan oleh 5 orang saja. Kata futsal sendiri berasal dari bahasa Spanyol “Futbol de Sala” yang memiliki arti sepakbola dalam ruangan.

Sebelum asuk ke materi selajutnya, disini terdapat beberapa peraturan-peraturan dalam bermain futsal. Peraturannya sendiri tidak berbeda jauh dengan sepakbola biasa, hanya saja futsal dimainkan pada ukuran lapangan yang lebih kecil dan dengan jumlah pemain yang lebih sedikit.


Jumlah Pemain

  • Jumlah pemain untuk memulai pertandingan adalah 5 orang untuk setiap masing-masing ti, dan sudah termasuk dengan penjaga gawang.
  • Jumlah  pemain cadangan adalah maksimal 7 orang.
  • Jumlah wasit 2 orang.
  • Batas jumlah pergantian pemain tidak terbatas, berbeda dengan halnya sepakbola yang biasanya terbatas hanya 3 orang saja.

Lama Permainan

  • Lama normal yang biasa dipakai untuk pertandingan nasional maupun internasional adalah 2 X 20 menit.
  • Waktu istirahat 10 menit.
  • Perpanjangan waktu 2 X 5 menit.
  • Time out 1 kali untuk setiap tim di setiap babak.

Peralatan Untuk Pemain

  • Kaos tim minimal 2 pasang untuk setiap tim.
  • Kaos kaki.
  • Skin deker.
  • Sepatu.

Untuk peralatan pemain ini sangat penting untuk diperhatikan karena demi keselamatan para pemain tersebut.Selanjutnya, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi permainan futsal agar lebih maksimal dan berhasil.


A. Faktor Genetika

Tentu saja orang yang memiliki genetika atau keturunan dari orang yang hebat bermain futsal juga akan lebih mudah untuk bermain, tapi terkadang tidak jarang juga orang yang memiliki genetika bagus dalam bermain futsal justru memiliki kekurangan dalam postur tubuh yang kecil, akan tetapi meskipun memiliki tubuh yang kecil karena memiliki genetika bermain futsal yang baik, pemain tersebut tetap bisa menonjol, bahkan diatas rata-rata pemain yang lainnya. Contohnya seperti Lionel Messi.


B. Faktor Kedisiplinan

Sebaik dan sehebat apapun pemain jika tidak disiplin kemungkinan besar mereka tidak bisa mengembangkan permainannya. Kedisiplinan ini sangat penting untuk membentuk karakter pemain yang hebat agar dapat diterapkan hasil dari latihannya yang sudah dijalani, yang tentunya akan menjadi faktor keberhasilan suatu tim. Tidak jarang orang yang hebat bermain futsal akan tetapi tidak memiliki kedisiplinan yang baik justru tidak terpilih untuk membela timnya.


C. Faktor Latihan

Latihan merupakan kegiatan rutin yang harus selalu dilakukan oleh setiap pemain. Latihan sendiri merupakan suatu pembentukan strategi bagaimana cara agar dapat memenangkan suatu pertandingan. Dengan berlatih, setiap pemain akan memiliki kerjasama tim antar pemain yang baik, yang tentunya memiliki peran penting juga untuk meraih sebuah kemenangan. Pelatih yang baik akan sangat mempengaruhi bagiamana perkembangan permainan suatu tim. Strategi dan taktik terbaik pun perlu diberikan untuk bekal setiap pemain.


D. Faktor Keberuntungan

Setidaknya keberuntungan memberikan pengaruh besar terhadap keberhasilan suatu tim. Tidak jarang tim yang sudah berlatih dengan keras dan dengan baik justru tidak bisa memenangkan suatu pertandingan meskipun lawannya terbilang tidak terlalu sulit.

Olahraga futsal merupakan olahraga yang memiliki banyak dampak positif, baik untuk kesehatan, maupun hal lainnya, diantaranya:

1. Mencegah Stres

Beberapa orang melakukan olahraga futsal untuk turnamen agar dapat meraih kejuaraan. Namun ada juga beberapa orang yang bermain futsal hanya untuk sekedar bersenang-senang menghilangkan kepenatan setelah seharian melakukan kesibukan dengan aktivitas yang dijalani.

2. Menguatkan Jantung

Bermain futsal dapat melatih jantung agar menjadi kuat, apalagi dengan intensitas yang tinggi akan melatih denyut jantung lebih kuat sehingga dapat mencegah terserang penyakit serangan jantung maupun penyakit lainnya.

3. Melatih Kreativitas dan Kerjasama antar Pemain

Dengan kondisi lapangan futsal yang lebih kecil dari lapangan sepakbola biasa para pemain harus pintar mengatur strategi agar bola tidak mudah keluar yang tentunya memerlukan kreativitas dan kerjasama tim yang bak dari setiap pemain agar bola tidak mudah direbut oleh lawan dan bisa mencetak gol sebanyak-banyaknya.

4. Melancarkan Aliran Darah

Bermain futsal memaksa seluruh anggota tubuh bergerak dan juga aktif. Dengan anggota tubuh yang bergerak ini dapat memacu aliran darah agar tetap mengalir dengan lancar dan tidak berhenti pada beberapa titik saja. Aliran darah yang lancar dapat membuat seluruh kerja organ tubuh juga lancar.

5. Mengeluarkan Racun Pada Tubuh

Apabila tubuh bergerak dengan aktif, biasanya akan menghasilkan keringat. Keringat yang keluar membuang garam yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh. Selain garam, keringat juga mengeluarkan ion negatif yang juga berisi racun yang dapat membahayakan tubuh. Dengan bergerak secara aktif, ion negatif akan keluar bersama dengan keringat, sehingga tubuh dapat menjadi lebih sehat.

Itulah beberapa dampak positif yang dapat kita rasakan dan dapatkan apabila kita melakukan olahraga futsal, masih banyak lagi manfaat lain yang tentunya sangat baik bagi diri kita. Setiap olahraga selalu memberikan dampak positif atau manfaat bagi kita, bukan berarti kita terlepas begitu saja tidak memperhatikan dampak negatif yang bisa saja mencelakai kita, tetap jaga keselamatan apapun yang sedang dan akan kita lakukan. Jaga dan cintailah diri Anda, karena sehat itu mahal.

Ditulis Oleh : Muhammad Irsyad

6 Komentar

Posting Komentar