Iman-Kepada-Hari-Akhir

Assalamualikum Wr. Wb.

Iman Kepada Hari Akhir - Hai teman teman kalian pasti pernah dengar apa sih itu kiamat, waktu sekolah di SD SMP ataupun SMK pasti pernah di jelaskan oleh gurunya tentang hari kiamat. Nah disini akan sedikit menerangkan tentang hari kiamat dan menatap masa depan. Hancurnya dunia dan segala isinya itu di sebut kiamat. Kiamat di sebut juga hari akhir dari segala kehidupan dunia semua yang ada di bumi akan binasa.

Tak seorangpun yang bisa mengetaui waktu kedatangan hari kiamat. Para nabi dan malaikat sekalipun tidak ada yang tau. Para nabi hanya mengetaui gejala dan tanda tanda kedatangan hari kiamat tersebut. Pengetauan mereka tetap berasal dari wayu subhanallah wataala berdasarkan petunjuknya.

Pengetahuan tentang datangnya hari kiamat merupakan kekuasaan Allah SWT. Setiap mukmin yakin kiamat dan peristiwa yang mengerikan itu pasti terjadi. Kebenarannya mutlak. Karena mereka yakin hidup di dunia pasti ada akhirnya.

Iman kepada hari kiamat termasuk rukun iman. Dengan beriman kepada hari akhir, hati seseorang akan selalu di lliputi rasa takut dan tunduk kepada Allah SWT. Mereka yakin, hari kiamat adalah hari pertanggung jawaban semua amalan. Lalu bekal terbaik apa harus di bawa?.... yang harus di bawa yaitu “TAKWA” seferti yang ada pada surah al-baqarah ayat 197 yang berbunyi “ Berbekallah kalian dan sesungguhnya bekal terbaik adalah takwa dan bertakwalah kepadaku hai orang orang yang berakal”.

Allah SWT menamai hari kiamat itu dengan banyak nama. Nama itu sesusai dengan hakikat kehancurannya. Sebagai nama kiamat di cantumkan sebagai nama surah al-qur’an.

  • Hari kiamat yaitu peristiwa besar yang sangat dahsyat. Manusia berdiri di hadapan Allah SWT. setelah kematiannya.
  • Hari akhir yaitu hari pamungkas. Tidak ada lagi zaman dan waktu sesudahnya.
  • Sa’at yaitu peristiwa yang sangat mendadak dan sangat cepat. 
  • Hari berbangkit yaitu hari menghidupkan kembali orang orang yang mati.
  • Hari kekuar yaitu berhamburannya manusia keluar dari liang kuburnya ketika di bangkitkan allah SWT.
  • Hari keputusan yaitu Allah SWT menetapkan hal hal yang diu perselisihkan manusia di dunia.
  • Hari perhitungan yaitu menghitung seluruh perbuatan makhluknya.
  • Hari pembalasan yaitu membalas seluruh perbuatan manusia berdasarkan hisab amal.
  • Hari penyesalan yaitu perasaan kecewa orang orang kafir.


Nama nama yang di sebutkan di atas hanya beberapa saja dari sekian banyak  nama yang ada dalam al-qur’an.

Rasulullah SAW. menegaskan hari kiamat sudah dekat. Sebuah hadis memberi perumpamaan dekatnya kiamat itu seferti waktu Dzuhur ke Ashar. Al qur’an memberi gambaran dalam surah al qamar ayat 1 yang berbunyi “telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan”. Ada yang  bertanya mengapa hari kiamat itu di rahasiakan Allah SWT. ?

Seorang tokoh pergerakan islam modern asal mesir yaitu Sayyid Kuthb memberi penjelasan sesuatu yang tidak di ketahui adalah unsur utama kehidupan manusia.

Tanda tanda kiamat itu ada dua yaitu tanda kiamat kecil dan besar.

Tanda tanda kiamat kecil di bagi menjadi tiga yaitu tanda kiamat yang sudah terjadi, tetap berlangsung dan tanda yang belum terjadi.

Tanda kiamat kecil yang sudah terjadi seferti terbelahnya bulan pada masa Rasulullah SAW. Sebagai mukjijat baginya dan terhapusnya jizyah (pajak) yang menjadi sumber utama pendapatan umat islam.
Tanda kiamat kecil yang masih berlangsung hingga kini seferti urusan islam bukan di kelola oleh ahlinya yang mengakibatkan kerusakan moral, bercerai berainya kaum muslimin menjadi berbagai kelompok, konsfirasi bangsa kafir untuk menghancurkan islam, melimpahnya harta yang memunculkan gaya hidup seseorang, keberanian mengubah yang haram menjadi halal dan yang halal menjadi haram.

Sealain tanda tanda kecil kiamat tanda besar kiamat seferti kabut, fitnah dajjal yang di lukiskan oleh Rasulullah SAW. Sebagai lelaki berbadan besar berambut keriting dan buta sebelah matanya, turunnya Isa Al-Masih untuk menghancurkan salibdan membunuh babi, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, hapusnya islam, hilangnya Al-Qur’an dan hilangnya orang orang saleh.

Berdasarkan kehancurannya kiamat di bagi dua yaitu kiamat sugro dsn kubro. Kiamat kecil hanya menghancurkan sebagian alam dan isinya sedangkan kiamat besar menghancurkan seluruh alam dan isinya.

Setelah kiamat akan menemui alam seferti Alam Barzah yang berada antara alam dunia dan akhirat, Kebangkitan manusia di alam kubur, hari pengumpulan manusia dan syafaat seferti syafaat amal baik dan buruknya seimbang, syafaat mengangkat derajat para ahli surga, syafaat untuk para ahli surga tanpa hisab, syafaat untuk kaum mukmin agar masuk surgadan syafaat untuk Abu Thalib agar Allah SWT. meringankan siksa neraka atasnya.

Dengan adanya beberapa peristiwa kiamat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. akan bertambah, selain iman yang sudah ada hancurnya dunia berarti hancurnya kenikmatan duniawi. Ketahuan seseorang tentang kiamat akan membentuk kepribadian seseorang yang mendorong kepribadian menjadi lebih baik. Semgat berprilaku baik hadir karena sadar bahwa setiap amal pasti mendapat balasan. Penyadar adanya baik buruk seseorang yang akan mendapatkan terhadap amal seseorang dengan adil. Untuk memutuskan balasan apa yang pantas di berikan kepada manusia. Allah SWT. akan menulis amal baik dan buruk lalu menjelaskan bahwa siapapun berniat untuk melakukan kebaikan tetapi tidak melaksanakannya akan di tulis baginya satu kebaikan bila ia melaksanakan niatnya itu akan di tulis baginya sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kali lipat bahkan berlipat lipat. Kalau berniat melakukan satu keburukan tetapi tidak melaksanakannya akan di tulis satu kebaikan apabila melaksanakan keburukan tersebut akan di tuliskan satu keburukan tidak di tulis berkali kali lipat seferti melaksanakan kebaikan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ditulis Oleh : Hidayatullah

3 Komentar

  1. Trima kasih artikelnya sagat membatu buat megingatkan kembali pelajaran sekolah, sukses terus

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Artikel yang cukup menginspirasi, di tunggu artikel yang lebih bermaanpaat bagi para pembacanya

    BalasHapus

Posting Komentar