Kebersihan Sebagian Dari Iman

Kebersihan Sebagian Dari Iman - Bersih satu kata yang membuat orang disekitarnya terasa nyaman karna kondisi lingkungan yang terawat. Jika kita datang ke suatu tempat atau kediaman seseorang, dari sana kita dapat mengetahui apakah pemilik atau penjaganya menyukai kebersihan atau tidak. Kebersihan dapat mencerminkan kepribadian seseorang, meski terkadang menjaga kebersihan bagi seseorang yang memiliki aktivitas diluar ruangan agak sulit.

Dalam artikel sederhana ini, saya ingin membagikan satu kata kunci sederhana yaitu Bersih. Bagi kalian yang memiliki aktivitas yang berhubungan dengan orang lain,  tentu kebersihan diri menjadi poin utama agar menimbulkan kesan bahwa kita pribadi yang senang menjaga kebersihan. Kebersihan dapat dimulai dari diri sendiri dengan cara mandi minimal dua kali sehari tapi disini poin utama yang ingin saya bagikan adalah kebersihan di dalam rumah.

Meski kadang kita merasa malas tapi yang harus kita tanamkan dalam mindset kita bahwa kebersihan akan menciptakan kenyamanan dan meminimalisir penyakit yang mungkin timbul karena lingkungan yang kotor. Dengan kita melakukan kegiatan bersih-bersih ada banyak keuntungan yang kita dapatkan. jadi jangan malas untuk bersih, jika berani kotor saja kita bisa.


Manfaat Menjaga Kebersihan Rumah

1. Terlihat Lebih Segar

Setiap kita berkunjung ke rumah teman, kerabat maupun orang lain, hal pertama yang menjadi first impression yaitu tertatanya lingkungan sekitar dan kebersihannya. Menurut saya jika lingkungan bersih maka secara otomatis kesan rapi, nyaman, nikmat dipandang menjadi sesuatu yang mengikutinya.

2. Siap Menerima Tamu Dadakan

Jika kita orang yang senang dengan kebersihan, mengorganisir semuanya secara berkala maka siapapun orang yang datang berkunjung ke rumah kita baik itu secara kebetulan maupun sudah ada janji, perasaan khawatir rumah dalam kondisi berantakan tidak akan ada lagi karena kita sudah terbiasa memanagenya.

3. Lebih Produktif dan Bebas Stress

Beberapa artikel menyebutkan bahwa seseorang yang tinggal dalam lingkungan yang bersih dan rapi lebih produktif dan bebas stress dikarenakan udara yang dihirup terasa segar dan kondisi lingkungannya pun enjoyable.

4. Mencegah Alergi Kambuh

Bagi kalian yang memiliki alergi dengan debu disarankan embersihkan rumah secara teratur karena dapat menghilangkan debu dan kualitas udara terjaga. Debu dapat mengiritasi hidung, tenggorokan, dan menyebabkan kemerahan pada mata, asma, dan hidung tersumbat.

5. Baik Untuk Mental

Membersihkan rumah dengan tugas-tugas lain dapat membantu mencegah depresi. Orang yang menderita depresi sebagian besar disarankan untuk menjaga lingkungan mereka bersih dan bebas dari berantakan agar pikiran mereka lebih baik dilansir dari berbagai artikel terkait.


Alasan Kenapa Harus Membersihkan Rumah

Lingkungan yang bersih dan terawat tentu lebih sedap dipandang. Namun, memang tidak mudah untuk menciptakan lingkungan terlihat bersih dan rapi. Maka dari itu harus ada reminder agar kondisi  sekitar rumah kita tetap asri dan menyenangkan.
Satu dari sekian banyak alasan kenapa kita diharuskan membersihkan rumah agar terhindar dari penyakit, merasa nyaman dan tenang, udara lebih segar. Beberapa artikel yang saya baca di internet secara garis besar memiliki alasan serupa, berikut alasan kenapa sih kita diharuskan menjaga kebersihan rumah dikutip dari laman ciptaresik.com, yaitu:

1. Ada Keluarga yang Sakit

Ketika keluarga kita mulai terserang flu atau batuk, hal itu menjadi reminder keras buat Anda untuk segera pegang sapu dan pel. Apapun kesibukan anda, sebaiknya ditinghalkan dulu sebentar. Atau jika memang tidak ada waktu, anda bisa menghubungi vendor tenaga cleaning. Minta bantuan untuk melakukan pembersihan rumah secara total.

2. Musim Hujan Tiba

Pada ssat musim hujan datang, biasanya kuman akan dengan mudah berkembang. Meski rumah kita sudah bersih, namun keluarga kita berpotensi membawa kuman dari luar rumah. Karena itu, kita harus sesering mungkin untuk membersihkan rumah. Selain disapu, sebaiknya lantai di pel menggunakan chemical yang sudah mengandung chemical anti kuman.

3. Saat Rumah Kedatangan Tamu

Lebaran di rumah, berkumpul dengan keluarga besar memang menyenangkan. Namun, anda juga pasti akan was-was, hal ini karena keluarga atau tamu yang datang belum tentu dalam kondisi prima. Takutnya ada keluarga yang lagi terkena pilek, hal ini tentunya akan cepat menulat ke keluarga yang lainnya. 



Cara Menjaga Rumah Tetap Bersih

Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga rumah tetap bersih? Menurut saya pribadi ada beberapa hal yang sering saya lakukan, yaitu:

1. Jadwal Rutin

Dengan kamu mencoba membuat jadwal piket rumah dan berkomitmen untuk melaksanakannya maka itu akan menjadi mudah dan lama-kelamaan secara otomatis badan kamu bekerja dengan sendirinya. 

2. Mulailah Dari Hal Kecil

Kita bisa meminimalisir rumah kotor dengan cara mencuci piring setelah makan, membuang sampah pada tempatnya, membuang barang yang sudah tidak ada nilai kegunaannya.

3. Tidak Mengoleksi Barang Yang Tidak Perlu

Milikilah barang yang memang diperlukan untuk rutinitas kamu. Jika memang diperlukan hiasan atau pernak-pernik rumah maka belilah seperlunya saja agar rumah tidak terlihat sesak dan mudah untuk dibersihkan.

4. Adanya Peralatan Kebersihan yang memadai

Peralatan kebersihan yang lengkap dan tersedia merupakan suatu keharusan agar setiap sudut rumah selalu dalam keadaan bersih.
Selama ada niat selalu ada jalan. Jangan pernah bosan-bosan untuk menjaga kebersihan karna hal tersebut merupakan bagian dari iman. Latihlah diri sendiri agar dapat bertanggung jawab dengan kondisi lingkungan sekitar. Lingkungan yang bersih akan membuat penghuninya terjaga dari berbagai penyakit.

Ditulis Oleh : Nita Septiana

Post a Comment