anak-berkebutuhan-khusus

Anak Berkebutuhan Khusus - Halo Guys,mau tau ngga kenapa? alasan saya bissa bilang anak ABK ini anak yang istimewa ?.

Menurut saya pribadi, anak –anak ini adalah anak – anak yang luar biasa ,mereka lahir dalam keadaan tidak sempurna seperti kita saat ini,tetapi mereka mempunyai kelebihan yang sangat luar biasa ,bahkan kelebihan mereka itu bissa mengalahkan kelebihan seseorang yang sempurna sekali pun.

Mereka itu anak – anak yang suci,setua apapun umur mereka ,mereka tetap anak –anak yang suci karena mereka tidak tau apa-apa dalam kehidupannya,dan jika anak-anak melakukan kesalahan sebesar apapun maka mereka tidak berdosa walaupun umur mereka tua sekali pun,tapi kita jangan pernah berfikir mentang-mentang anak-anak ini  anak yang suci dan tidak pernah mendapatkan dosa jadi kita tidak wajib merubah sikap-sikap mereka ,itu fikiran yang salah !!!!!!!  
Tetapi kita sebagai manusia yang sempurna wajib hukumnya untuk membantu mereka menjadi manusia yang sempurna seperti kita saat ini ,kita tidak rugi kok mengajarkan anak-anak ABK ini ,karena jika mereka membuat kebaikan maka yang akan mendapatkan pahalanya itu orang-orang terdekatnya,yaa salah satu nyaa orang tua dan guru pedampingnya.

Apa sii ciri-ciri anak ABK itu?

Didalam DIAGNOSTIK AND STATISTICAL MANUAL OF MENTAL DISORDERS” terdiri dari tiga gejala utama yaitu :

1. Inatensisivitas atau tidak ada perhatian atau tidak menyimak, di antaranya yaitu :

  • gagal menyimak hal-hal yang rinci 
  • kesulitan bertahan pada satu aktivitas 
  • tidak mendengarkan sewaktu diajak bicara 
  • sering menghindar dari tugas yang memerlukan perhatian yang lama 
  • sering kehilangan barang yang di butuhkan untuk tugas 
  • sering beralih perhatian oleh stimulus dari luar 
  • sering pelupa dalam kegiatan sehari-hari 

2. Impulsivitas atau tidak sabaran ,bissa impulsif motorik dan impulsif verbal atau Kognitif, diantaranya :

  • Sering memberi jawaban sebelum pertanyaan nya selesai
  • Sering mengalami kesulitan menunggu giliran 
  • Sering memotong atau menyela orang lain 
  • Sembrono,melakukan tindakan berbahaya tanpa pikir yang panjang 
  • Sering berteriak di dalam kelas
  • Slalu tidak sabaran 
  • Usul, suka keganggu anak-anak lain 
  • Permintan nya harus segera di penuhi 
  • Mudah frustasi dan putus asa 
3. Hiperaktivitas atau tidak bissa diam ,diantara nya :
  • Sering menggerakan kaki atau tangan dan sering mengegeliat 
  • Sering meninggalka tempat di dalam kelas 
  • Sering berlari dan memanjat 
  • Mengalami kesulitan melakukan kegiatan  dengan tenang 
  • Sering bergerak seolah-olah di atur oleh motorik penggerak 
  • Sering bicara berlebihan 


Kenapa saya ingin menjadi seorang guru ABK?

Alasan saya ingin menjadi guru ABK itu ?saya ingin merubah sikap-sikap mereka dan merubah pola mikir mereka sehingga menjadi anak-anak yang normal seperti kita saat ini ,
Dulu sebelum  saya menjadi seorang guru ABK ,saya sangat miris sekali  melihat anak-anak yang berkebutuhan khusus ini slalu di BULY,makannya itu saya ingin menjadi guru anak-anak ABK ini  dan saya akan membuktikan kalo anak-anak ABK ini tidak kalah kemampuannya dari anak-anak yang lainnya,sekarang di kota bogor ini sudah banyak sekolah-sekolah SLB,ABK Piramida dan yang lainnya,dan saat ini saya mengajar anak-anak ABK di HOME SCHOOLING CEMARA INDONESIA.
Bahkan saya banyak belajar dari anak-anak ABK ini apa itu arti Bersyukur,jika kita mengajar anak- anak ABK ini kerena dunia maka kita tidak akan mendapatkan apa-apa,tetapi jika kita mengajar anak-anak ABK ini iklas dan karena Allah insya Allah dunia akan mengikuti.

Kenapa anak-anak ABK ini kebanyakan anak-anak orang kaya?

 Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kelainan ini, di antaranya yaitu kelainan genetik, faktor pola asuh, dan beberapa faktor lainnya. Oleh karena itu penyakit ini tidak bisa terdeteksi atau belum diketahui penyebabnya, mungkin hanya kebetulan saja yang mengidap penyakit ini rata-rata orang yang memiliki kecukupan materi.

Apa yang sebaiknya kita lakukan?

Sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan salah satunya dengan medidik anak tersebut secara khusus dengan metode-metode tertentu yang bertujuan untuk membuat anak tersebut bisa melakukan kegiatan sehari-hari yang orang umum lakukan dengan secara terus menerus agar mereka dapat di terima oleh masyarakat sekitarnya sehingga tidak ada anak berkebutuhan khusus yang terlantar begitu saja tanpa ada yang merawat mereka. Ada banyak lembaga formal yang memberikan fasilitas pembelajaran bagi anak-anak berkebutuhan khusus diantaranya Home scooling untuk anak khusus, sekolah luar biasa, dan sebagainya.


Apa saja nama penyakit untuk sejenis autis dan kenapa tidak ada obatnya?
Ada banyak peyakit yang bersangkutan dengan autis, diantaranya yaitu ADHD ( Attantion Devisit with Hyperactivity Disorder ), GDD ( Global Development Delayed ), Down Sindrom dan lainnya. Dikarenakan penyakit ini tidak bisa diprediksi dan tidak di ketahui asalnya maka yang bisa di lakukan hanyalah dengan terapi yang dilakukan secara terus menurus dan dengan bantuan obat yang hanya berpengaruh sementara atau hanya sebagai perawatan saja tanpa menyembuhkan secara total.

Pesan saya bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

Bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus diharapkan banyak-banyak bersyukur dengan kondisi yang di terima oleh si anak, sebagai orang tua harus berusaha semaksimal mungkin dalam mengurus anak-anak ini. Jika kita sebagai orang tua harus ekstra bersabar dan kalau memiliki cukup materi bisa menyekolahkan anak ini ke lembaga khusus yang bertanggung jawab dalam mengurus anak-anak ini, namun jika orang tua tidak mampu maka orang tua harus ekstra belajar lebih utuk si anak melalui berbagai forum, situs website, atau youtube sehingga orang tua bisa mengajari anaknya secara mandiri.


Ditulis Oleh : Muhammad Dani Purnama

Post a Comment