memasak-adalah-kegemaranku

Assalamu’alaikum wr.wb..

Hai teman-teman sudah tau kan siapa nama saya,,yasudah saya perkenalka diri saya terlebih dahulu yaa,,perkenalkan Nama saya Mamad Muhammad,dalam artikel ini saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang hobi saya,sepertinya teman-teman pasti tau ya apa itu hobi/kegemaran..Ya hobi ialah sebuah kegemaran diantaranya ialah :Olahraga,Bermain,Membaca,Menulis,Memasak,dan masih banyak yang lainya taukah teman-teman bahwa hobiku ada loh diantara salah satu yang tercantumdi atas,apa itu,, MEMASAK..Ya itu salah satu hobi/kegemaranku.karena menurutku ‘MEMASAK ADALAH KEGEMARANKU”,,Banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang ku dapatkan dari kegemaranku ini diantaranya kita bisa menjadi tau beragam macam olahan-olahan atau menu-menu yang lezat tentunya,,tidak hanya kaum hawa/perempuan yang gemar memasak,Tidak sedikit Laki-laki gemar memasak,dan ada pula Laki-laki yang tidak gemar memasak tapi itu semua sudah takdir dari setiap hobi mereka masing-masing..

Aku akan bercerita tentang hobiku bagaimana awalnya menyukai dan gemar dengan hobiku..Pada usia 9 tahun tepatnya aku duduk di bangku sekolah dasar kelas 3,awal pertama aku mengenal hobiku yaitu selalu melihat ibu membuat sarapan dan aku melihatnya bagaimana cara ibu memasak setiap sore ibu menyiapkan menu masakan untuk dihidangkan oleh keluargaku,,pada waktu itu aku hanya melihat bagai mana cara ibu memasak..banyak dan beragam menu yang di masak oleh ibu,diantaranya; memasak nasi,memasak sayuran,memasak telur,memasak ikan dan yang lainya..dan masih banyak menu masakan yang ibu buat,seiring berjalanya waktu saya belajar bagaimana caranya memasak,sayapu jadi tahu bumbu-bumbu rempah diantaranya cabai,bawang merah,bawang putih,merica,lengkuas,merica,garam,daun serai,kunyit,dan bumbu rempah lainya..dari yang tadinya tidak tau sayapun menjadi tau,tidak lupa juga dengan menu bahan masakan nya diantaranya ialah sayur mayur,(selada,bayam,kangkung,),bahan untuk membuat sayur sop,sayur asem,dan masih banyak juga dengan yang lainya contohnya tahu dan tempe,itu salah satu bahan yang menurut saya banyak kandungan vitamin dan manfaatnya juga lohh..namun saya tidak pernah lupa dengan bahan sayuran yang saya tau sampai hari ini yang tidak bisa saya cantumkan disini..heheheh

Pertama saya memasak yaitu membuat menu telur dadar,tahu dan tempe goreng,tumis daun singkong dan yang pastinya sambel goreng tidak pernah lupa..diantara menu masakan yang saya buat ini banyak loh kandungan dan ragam manfaat vitamin nya.
Seiring berjalanya waktu sayapun perlahan bisa memasak sendiri tanpa meminta bantuan dari ibu dan saya bisa mmemasak berbagai macam menu masakan,,disetiap waktu libur sekolah,saya dan teman-teman saya selalu mebuat acara masak-masak atau yang sering kita dengar dengan istilah ngaliwet hehehehe...:) bahkan disetaip libur sekolah saya sering memasak bareng ibu di dapur.

Awal mula saya duduk sekolah di bangku sekolam menengah pertama kelas 7 ada pelajaran SBK,di tugaskan untuk membuat menu masakan 4 sehat 5 sempurna..setiap siswa di buatkan kelompok masing-masing 6 Orang setiap kelompoknya..dan saya dan teman saya yang perempuan namanya Siti Jamilah dan Eva di tugaskan untuk memasak nasi putih,sayur lodeh,Ikan goreng,Ayam goreng,telur balado,tahu/tempe goreng,sambel goreng dan lalapan sebagai menu wajib yang harus ada..hehheehe Makanan dan minuman penutupnya yaitu susu,jus,,(saya buat jus melon),air putih,dan buah-buahan.

Setelah membuat masakan akhiranya penilaian yang kami tunggu pun tiba akhirnya kelompok kami mendapatkan nilai 82,,Alhamdulilah waktu itu nilah 82 sudah mencapai nilai KKM,kamipun senang bagi kelompok kami itu nilai sudah sempurna..walaupun tidak sesempurna yang kami harapkan..dan kami pun memakan makanan yang kami buat untuk dimakan bersama..alhamdulilah kami puas dengan rasa dan aroma yang kami buat.
Seiring berjalanya waktu sayapun selalu berkumpul dengan teman di sebuah pesantren untuk memasak atau liwet bersama setiap malam kamipun sering masak menu makanan sederhana..waktu itu sayapun lulus Sekolah Menengah Pertama,saya lanjut untuk mencari sekolah yang menurut saya sukai dan bagus dalam belajar pastinya.

Waktu itu saya hampir untuk tidak melanjutkan sekolah karena faktor ekonomi dari keluarga juga,bahkan saya ingin berkerja waktu itu,tapi saya berfikir Zaman sekarang izajah SMP palingan gak bisa cari pekerjaan yang lebih baik iya kan?..

Pada waktu itu sayapun ingin banget untuk sekolah SMA,sampai akhirnya sayapun meminta keringanan beasiswa untuk siswa yang kurang mampu kepada ketua yayasan sekolah SMP saya..waktu itu saya di izinkan dan bisa mendapatkan apa yang saya inginkan tanpa harus meminta nya dengan syarat saya harus mengabdi dan tinggal bersama di rumah ketua yayasan SMP saya tadi,,ouh iya sampai lupa saya untuk memperkenalkan beliau,,Nama beliau adalah Bpk.K.H Abdul Kholiq Zakaria,beliau adal pendiri yayasan sekolah SMP saya,sampai akhirnyapu saya tinggal bersamanya bersama istri beliau yang bernam H.J Sri Purwanti..disana saya tidak sendirian disana saya tinggal bersama rekan saya yang bernama Saepul,,kebetulan dia teman satu sekolah juga bareng saya selama 3 tahun nanti..

Selama saya tinggal bersama,disanapun saya masih gemar dengan hobi saya yaitu memasak ,selama saya tinggal disana saya membantu orang tua angkat saya memasak,belanja sayuran dan membuat menumenu masakan lainya..waktu terus berjalan sampai saya naik kelas selanjutnya saya terus mencari di internet bagaimana cara memasak atau mencari menu-menu masakan yang berbeda di internet,,wajarr bosan kan klau menu masakan nya itu terus yang saya buat..hehehehee waktu itu saya duduk di kelas 12 SM,ada pelajaran SBK lagi nihh,,pelajaran SBK tidak selalu dengan seni dan menggambar saja ya teman-teman pelajaran praktek memasak pun ada lohh..:) tugasnya tidak jauh berberda dengan waktu SMP dulu,yaitu di tugaskan untuk membuat menu masakan 4 sehat 5 sempurna,,Namun hanya sedikit yang berberda yaitu menu utamanya ialah membuat Sayur asem..sayur asem bukan berarti sayurnya basi ya teman-teman,,soalnya dulu pernah waktu kecil saya di bilangin begini,,Mad,jangan makan sayur asem itumah sayur nya basi sayapun kaget dong dan gak berfikiran kesituu..hehhehe ternyata itu hanya gurawan/bercanda saja.

Bahkan selama saya tinggal di rumah orang tua angkat saya,saya selalu membantu bibi memasak dan membuat menu-menu lainya di antaranya pepes Ikan,pepes tahu,sayur,dan yang lainya..pokonya alhamdulilah dehh pengalaman yang saya dapatkan..:)
Waktu itu pernah saya menemukan menu masak dari internet dan buku menumasakan juga yang saya penasaran ingin membuatnya nihh,yaitu membuat menu olahan dari ikan,,ya menu yang saya buat ialah Sup Ikan Bandeng kuah kuning daun kemangi,,hemm yang baru tau menu itu dan saya membuatnya langsung..dari aroma dan kuahnya saja sudah menggoda bukan untuk mencicipinya..heheheh kapan-kapan kita buat bersama ya teman-teman.

Waktu terus berlalu dimana hari,bulan dan tahun terus berganti,rasanya saya ingin segera pulang ke rumah,rasa bahagiapun pastinya ada ketika kelulusan sekolah tiba,waktu itru pernah sebelum pulan dan pamit saya di tanya apa cita-citamu mad,,saya jawan ingin menjadi pengusaha restoran/rumah makan terbesar yang ada di bogor...hmmm semoga tercapai cita-citamu ya..sayapun tak lupa mengucapkan terima kasih atas jasa-jasan dan bantuan dari materipun..

Akhirnya waktu dan keinginan untuk pulang ke rumahpun sudah tiba,waktunya saya untuk mencari pekerjaan,,bulan juli tepatnya di tahun 2014 saya mulai mencai pekerjaan entah itu pabrik,restoran,dan hotel yang saya cari,,
Menurut saya pekerjaan sama saja,namun setiap orang berbeda untuk mencarinya,bulan Agustus 2014 saya mulai mendapatkan pekerjaan di hotel itupun ada orang dalam yang memasuki saya untuk bekerja di hotel..saya belajar di kitchen nya,melihat bagaimana cara memasak dan menu-menu di hotel..

Seiring berjalanya waktu saya pindah bekerja,,yaa saya mendapatkan pekerjaan di restoran/rumah makan..waktu itu saya di bawakan oleh saudara saya juga..disana saya bagian waiter dan food runer bersama rekan saya yang baru,,dan saya pun mendapatkan pengalaman dan teman baru,,selama saya bekerja di restoran saya sedikit menjadi tau tentang menu-menu masakan yang ada di resetoran mulai dari menu masakan ikan nya,sayuranya dan menu-menu yang lainya juga..pertnah berfikir saya kepingin banget berhenti dan memulai usaha kecil-kecilan saja namu waktu itu dari materipun dan moadalpun belum ada...

Banyak beragam menu masan yang ada di restoran itu,,dan yang saya favoritkan ialah Ikan Patin dalam bambu,dan Sup kulit tahu pedas kemangi nya...hmmmm suatu saat nanti insha allah kita bakal membuat nya ya teman-teman...ouhh iya tak lupa juga sama sambel yang beragam diantaranya sambal terasi,sambel dadak,sambel ijo,sambel tomat,sambel bawang,sambel limo,dan masih banyak juga sihh yang tidak bisa saya sebutkan..:)

Seiring berjalanya waktu saya terus memasak menu masak yang lain dan yang biasa saya masak..sampai akhirnya sayapumn pindah untuk bekerja di pabrik dan di hotel..saya terus gemar dan suka memasak sampai saat ini..ingin saya rasanya berbagi menu masakan..tapi insha allah ya teman-teman semoga kita bisa mencoba memasak bersama dan teman-teman mencicipi menu-menu masakan saya.

Alhamdulilah sampai detik inipum saya masih gemar dengan memasak..yaa terkadang cita-cita saya ini sedikit membingungkan masuk sekolah apa,hobi apa dan cita-cita kemana heheheh...tapi intinya cita-cita saya itu menjadi pengusaha sukses dan terkenal tentunya..minta do’a dari temanteman juga yaa,,

Rasanya sudah cukup panjang lebar nihh saya membuat cerita artikel tentang hobi saya,,semoga yang saya harapkan teman-teman bisa mengambil hikmah dari cerita saya yaa,,ambil hikmah nya,dan buang sifat cerita yang gak baik nya ya tema jika itu tidak bermanfaat..sebelumnya juga saya mengucapkan terima kasih kepada Dosen mata pelajaran PTIK ini,,dari sini saya mulai belajar bercerita untuk membuat artikel tentang hobi/kegemaran saya ini.....salam hangat dari saya teman-teman untuk kalian semua..:) 
Langsung saya tutup artikel ini cukup sekian dan terima kasih,semoga artikel yang saya buat bisa bermanfaat kedepanya untuk kita semua..

Wassalamu’alaikum..Wr.Wb

Ditulis Oleh : Mamad Muhammad

17 Komentar

  1. Wiih keren.. Calon koki sepertinya
    Terus kembangkan yaa

    Jgn lupa ah ditunggu telaktiran masakannya
    Hehe
    Goodjob

    BalasHapus
  2. Bagus artikelnya.
    Semoga apa yang menjadi cita2 Mamad Muhammad tercapai.
    Fokus dan tetap rendah hati yaa....

    BalasHapus
  3. Wadidaw keren mamad muhammad, semoga suatu saat nnti jadi koki yang hebat yah :)

    BalasHapus
  4. Luarrr biasa....
    Semoga tercapai cita2nya yaa,Mamad Muhammad.

    BalasHapus
  5. Terus lh memasak jgn lupa dri smua masukan soal masakan dri teman2 kamu yg lain di resapi sperti meresapnya bumbu2 ke dlm stiap masakan

    BalasHapus
  6. Menginspirasi anget buat para anak muda❤️❤️

    BalasHapus
  7. Keren dari kecil udah bisa masak

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Lebih di gali ka biar bisa jadi koki
    Yang berkualitas dan bisa jadi kebanggaan
    Keluarga kaka

    BalasHapus
  10. Jangan lupa ka sering terus
    Buat masakannya biar kita
    Belajar masak lagi

    BalasHapus
  11. Sukses terus ka Mamad buat jadi chef
    Internasional nya

    BalasHapus
  12. Ka coba deh masakan nya
    Paduan sama yg berkreatif gitu
    Biar lebih menarik

    BalasHapus
  13. Keren kan dari kecil udah bisa
    Masak kali aja aku juga bisa yah

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar