my-trip-my-adventure

My Trip My Advanture adalah sebuah perjalanan dan pertualangan yang mengutamakan tentang alam seperti salah satunya mendaki gunung, tour ke berbagai tempat yang bersifat tentang keindahan alam indonesia. 


Manajement perjalanan dan logistik. 

Manajement perjalanan sebuah upaya bagi para pendaki untuk menghitung cadangan-cadangan makanan,perlengkapan bahan-bahan yang akan dibawa dalam suatu perjalanan ada beberapa pertimbangan segi nutrisi,kalori,dan ukuran packing agar lebih semple dan ekonomis dan tidak terlalu berat, dan tidak terlalu banyak menghabiskan tempat pada ransel yang akan dibawa.

Salah satunya logistik, logistik adalah salah satu yang sangat penting untuk dibawa bagi para pendaki expedisi maupun operasi suatu pendakian sangat ditentukan oleh cadangan staf logistik ditengah perjalanan sangat tidak mungkin untuk memaksakan  diri atau meneruskan perjalanan. Karna jika tidak memenuhi logistik sangat beresiko dan ada juga beberapa syarat yang harus diperhatikan dalam merencanakan perbekalan makanan dan minuman yang akan dibawa :

  1. Cukup mengandung kalori dan mempunyai komposisi gizi yang cukup.
  2. Terlindung dari tahan lama dan mudah menanganinya sebaiknya.
  3. Makanan yanag siap saji tidak perlu disimpan terlalu lama. 
  4. Ringan dan mudah dibawa. 
  5. Harganya murah meriah, contohnya: madu dan kurma


  • mengandung karbohidrat  adalah agar zat-zat gizi tersebut dapat digunakan dalam tubuh dengan sempurna dan harus diatur komposisinya , seperti ubi,singkong,kentang,daging dan telur. 
  • mengandung protein , seperti coklat almon,kornet,deeng.
  • mengandung lemak, seperti abon,sosis,sayuran,buah-buahan dan kacang-kacangan.
  • mengandung serat, seperti daging sapi,air,dan minuman.


Salah satu  ketika kita mau melakukan pertualangan atau adventure terlebih dahulu kita harus mempersiapkan perbekalan perjalanan, logistik, peralatan,makanan itu wajib untuk dibawa salah satunya harus sesuai dengan menejement perbekalan agar kebutuhan diri terpenuhi untuk membugarkannya.


Mengikuti Organisasi VOLUNTEER PEACE 

Saya mulai mengikuti sebuah organisasi VOLUNTEER PEACE yang mulai berdiri sejak tahun 2016.

Sebuah organisasi yang bertujuan untuk menjaga alam agar alam selalu bisa dilestarikan, tidak dirusak oleh tangan-tangan jail manusia yang tidak bertanggung jawab.

Awal mulanya saya hanya sekedar diajak bergabung oleh salah satu anggota bagian organisasi tersebut tentang pengetahuan alam dan yang berupa tentang alam contohnya: seperti mendaki gunung dan disana saya banyak diajari banyak hal tentang bagaimana cara hidup dialam dengan memanfaatkan hasil alam tersebut dan mencari pengalaman serta wawasan yang sangat luas.

Dengan saya ikut serta bergabung dengan anggota VOLUNTEER PEACE disana saya berbaur dengan orang-orang yang berada dalam organisasi tersebut. 

Ada salah satu kegiatan yang ingin mengadakan kegiatan ADVENTURE DIKLAT SAR VOLUNTEER PEACE bermula sejak tanggal 11 Mey 2018 disana saya banyak mendapati pengetahuan, pengajaran, materi serta sifat-sifat dalam berorganisasi contohnya: Saling menghargai ( Musyawarah ) dalam berorganisasi, Loyalitas ( sikap ) sepenuh hati loyalitas kepada organisasi, Militansi ( rela berkorban ) atau kuat dan bersemangat, Totalitas semangat dalam melakukan sesuatu tanpa melakukannya setengah- setengah. 

Namun sayangannya di Era Zaman sekarang orang-orang tidak pernah bisa menghargai pemberian Allah seperti alam. Contohnya : salah satu kejadain di Gunung ditangkuban perahu yang mengalami erupsi atau meletus didaerah Bandung barat provinsi Jawa Barat  yang tiba-tiba mengeluarkan asap atau kabut. Masyarakat yang bertanya-tanya mengapa di gunung tangkuban perahu mengalami Erupsi atau Meletus itu ulah siapa? Ulah siapa lagi kalau bukan ulah manusia yang tidak pernah menghargai pemberian yang dikasih oleh Allah melalui alam. 

Kejadian diGunung Bromo provinsi Jawa Tengah yang mengalami Erupsi seperti kejadian di Gunung Tangkuban Perahu. 

Kejadian di Gunung anak Krakatau provinsi Banten yang pernah mengalami Meletus dan menyebabkan Tsunami yang sangat dahsyat. 

Maka dari itu kita harus bisa menjaga dan melestarikan Alam, banyak contohnya alam yang dirusak oleh manusia seperti Gunung Agung, Gunung Bromo, bahkan yang saat ini sedang terjadi di Gunung Tangkuban Perahu yang mengalami Erupsi bahkan Meletus. Alam tidak akan marah kalau kita bisa menghargainya dan melestarikannya.Contoh kecil pemberian alam yaitu: tidak menebang pohon sembarangan, harus mengikuti aturan yang sudah diterapkan dengan tidk menebang pohon sembarangan, tidak membuang sampah sembarangan atau ke sungai. Jaga Ucapan dimana pun kita berada. Patuhi peraturan yang ada dengan demikian semua tidak akan seperti ini manusia hanya butuh untuk menyadari Dampak Alam akan menjadi seperti apa jikalau kita tidak menjaganya dan melestarikannya.

Pesan saya So From That We Love Or Nature And Protect Or Nature 

Artinya: maka dari itu cintai alam kita sayangin dan lindungin alam kalau bukan kita siapa lagi tugas kita menjaga dan melindungi alam bukan merusaknya.

Sekian artikel saya buat saya ucapkan terima kasih

Ditulis Oleh : Siti Nuraeni

2 Komentar

Posting Komentar