Pengalaman Menjuarai Turnamen Futsal SMK Sekota Bogor

Futsal - Nama lengkap saya Muhamad Pilah Agyansyah. Saya biasanya dipanggil Algi, Saya Lahir Pada tanggal 14 februari 2001. Saat saya berusia 3 tahun, ibu saya hamil dan pada tanggal 7 Mei 2003 saya mempunyai adik laki-laki yang diberi nama oleh orang tua saya, Fajar Maulana dan saat saya berusia 6 tahun lebih, ibu saya hamil lagi, dan tepat pada tanggal 17 Maret 2006 saya memiliki adik laki-laki lagi yang mempunyai nama  Fuji Hamdallah. Jadi saya memiliki 2 adik laki-laki.
      
Berawal pada waktu saya kelas 1 SD, Saya seorang yang dari kecil suka bermain futsal. Futsal adalah salah satu olahraga yang tidak jauh berbeda dengan sepakbola, hanya saja futsal di mainkan bukan dilapangan yang berumput murni, Futsal dimainkan dipaping Semen atau rumput sintetis dan dimainkan oleh 5 orang dalam 1 tim. Sewaktu SD mungkin Hampir setiap hari saya dan teman-teman bermain bola dilapangan, disawah yang sudah Panen, dan dilahan kosong yang tidak terpakai dimanapun tempat yang cukup luas untuk Bermain bola. Biasanya saya dan kawan-kawan mulai bermain sesudah solat ashar hingga Adzan magrib berkumandang yang merupakan waktu tanda berakhirnya bermain. 


Saya Mengenal futsal ketika berusia 6 tahun saat itu futsal juga sudah marak, Bahkan saya juga Masuk ke dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. Dulu saya pikir futsal itu sama dengan Permainan sepakbola, Namun setelah bermain futsal cukup lama banyak sekali perbedaan Antara futsal dan sepakbola. Olahraga futsal berasal dari negara Amerika Latin, tepatnya Uruguay.  Futsal mempunyai beberapa aturan yaitu:

 

A. LAPANGAN PERMAINAN

  • Ukuran panjang 25-42 m x 15-25 m
  • Garis batas: garis selebar 8 cm yakni garis sentuh disisi, garis gawang di    ujung-ujung, dan  garis melintang tengah lapangan
  • Daerah penalty: busur berukuran 6  dari setiap pos
  • Garis penalty: 6 m dari titik tengah garis gawang
  • Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m
  • Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tidak abrasive

 

B. BOLA

  • Ukuran #4
  • Keliling: 62-64 cm 
  • Berat: 390-430 gram
  • Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama
  • Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu, tidak berbahaya)

 

C. JUMLAH PEMAIN

Pemain futsal berjumlah maksimal untuk memulai pertandingan 5 orang salah Satunya penjaga gawang dan jumlah pemain cadangan maksimal 7 orang , Metode Pergantian melayang ( semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan Meninggalkan lapangan kapan saja. Pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika Bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit).

 

D. LAMA PERMAINAN  

Lama bermain futsal 20 menit dalam 2 babak, waktu diberhentikan ketika wasit Meniup peluitnya. Setiap tim berhak meminta waktu keluar (TIME-OUT) selama 2 menit.

 

E.PERLENGKAPAN PEMAIN

  • Kaos bernomor
  • Celana pendek
  • Kaos kaki
  • Pelindung lutut 
  • Sepatu

Hobi ini sangat bermanfaat bagi kesehatan saya, Hobi berolahraga futsal bila dilakukan dengan rutin dapat menimbulkan rasa bugar dan sehat dalam diri kita. Olahraga Futsal sangat cepat untuk pembakaran lemak jahat yang berada dalam tubuh kita Disebabkan karena olahraga ini betul-betul menggerakan anggota tubuh dengan maksimal.

Awal masuk SMP(Sekolah Menengah Pertama) saya mulai aktif kembali kedalam Kegiatan ekstrakulikuler futsal, Susah memang bermain futsal tapi saya tidak menyerah begitu saja. Untuk mempelajari teknik-tekniknya, saya dan kawan-kawan saya dilatih dengan guru olahraga kami yaitu pak dzul, awal latihan pertama melalukan stretching atau peregangan, kemudian pemanasan lari mengelilingi lapangan 5 kali putaran dan setalah itu, Berlatih menggiring bola lalu latihan menendang bola ke gawang.


Setelah 3 tahun di Sekolah Menengah Pertama saya lulus dan kemudian saya Melanjutkan ke SMK(Sekolah Menengah Kejuruan). Awal saya naik kelas 2 SMK, Saya dan kawan-kawan mengikuti kejuaraan futsal antar SMK Se-kota Bogor untuk pertama kalinya, Awalnya saya tidak masuk kedalam tim inti karena disitu saya masih baru bergabung, Ketimbang kakak kelas yang sudah lebih dulu ahli dalam bermain. Pada saat itu, kakak kelas Saya yang lebih awal bermain mengalami cedera dilututnya, kemudian pak dzul Mempercayai saya untuk menggantikan kakak kelas itu yang mengalami cedera.

Perasaan Saya sangat campur aduk sekali karena baru pertama kalinya dan disaksikan atau ditonton Ratusan orang penonton. Tanpa disangka-sangka saya mencetak goal ke gawang lawan, dan Akhirnya wasit meniup panjang tanda berakhirnya pertandingan dan akhirnya team futsal sekolah kami mendapatkan juara pertama dikejuaran  futsal antar SMK Se-kota Bogor. Sudah menadi kepuasan sendiri untuk menang, itulah pengalaman saya bermain futsal waktu duduk dikelas 2 Sekola Menengah Kejuruaan (SMK).

Pelatih kami mengajarkan cara pola bertahan dan menyerang yang efektif sehingga lawan pun sulit membaca permainan atau taktik yang kami terapkan.
Kekalahan bukan harus ditatapi tapi harus memicu semangat untuk berlatih lebih Keras dan bermain lebih baik lagi.  

Post a Comment