Pengaruh Media Sosial

Pengaruh Media Sosial - Di era globalisasi saat ini media sosial adalah salah satu sumber pencarian informasi, baik yang bersifat formal maupun tidak dan bukan hal yang asing di dengar. Media social sudah banyak jenisnya seperti Instagram, facebbook, twitter, whatsapp, line dan lain sebagainya. Jejaring sosial inilah yang memenuhi kebutuhan masyarakat untuk saling berinteraksi di dunia maya. Sehingga bisa berkomunikasi dengan orang jauh berbeda negara sekali pun. 

Dalam media sosial kamu pun dapat menemukan teman lama, memiliki teman baru, bergabung dalam sebuah komunitas baru, upload  foto dan video, membuat cerita dan bisa untuk memasarkan suatu produk. Tetapi jangan salah menggunakan media sosial, jika kita menggunakannya untuk maksud yang lain seperti menyinyir, menyindir akan membawa pengaruh yang tidak baik dan penggunaan media sosial pun harus ada batasnya karena sesuatu yang berlebihan tidak baik.

Saking terlalu asiknya orang yang menggunakan media sosial sampai melupakan waktu nya dan menghabiskan waktu nya untuk bermain media sosial itu merupakan efek kecanduan. Jika sudah kecanduan akan hal itu dapat menimbulkan hal – hal negattif lainnya, yang bisa membuat aktifitas kita terganggu dan malas untuk melakukan hal lainnya seperti malas belajar, lupa makan, bekerja jadi tidak konsen dan sebagainya. Berikut dampak negative dan positif media sosial bagi kehidupan:


A. Dampak Negatif

Gangguan tidur

Terlalu sering menggunakan media sosial sampai 24 jam dapat mengganggu konsentrasi dan pasti berpengaruh pada kesehatan sehingga jam tidur kita terganggu


Rasa lelah dan kurang konsentrasi

Sama dengan yang tadi efek dari bermain sosial media berlebih dapat menyebabkan kelelahan terutama pada mata dan ini pun berpengaruh pada menurunnya konsentrasi


Tingkat stress lebih tinggi dan emosi tidak stabil

Jika seseorang kekurangan tidur dan jam kerja kurang teratur bisa menimbulkan stress pada seseorang. Produktivitas yang terganggu dan tanggung jawab lainnya yang perlu diselesaikan sehingga mendapat banyak tekanan.


Gangguan mata

Ini sangatlah berpengaruh, terlalu lama mengakses sosial media bisa memberikan effek buruk pada mata. Contohnya bermain gadget saat tiduran yang bisa membuat mata cepat lelah dan dampak penyakit pada mata.


Cuek pada lingkungan sekitar

Seperti ungkapan “sosmed menjauhkan yang dekat,” memang demikian kebenarannya. Kadang kita melihat, satu keluarga sedang makan di meja makan saja, anak malah sibuk main sosmed, ibu dan bapak juga sama. Akhirnya tidak saling bercengkrama, karena semua sibuk dengan ponsel dan sosmednya.

Kecanduan sosial media dapat memperburuk sikap seseorang pada lingkungan sekitarnya, bahkan pada orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman-teman. Seolah-olah dunia milik seorang diri, sehingga orang yang sudah nyandusosmed sikapnya cenderung cuek dengan sekitar.


Depresi dan cemas yang berlebih

Melalui sosial media, kita dapat membuat cerita yang menggambarkan suasa kita saat itu dan orang lain. Sedang sedih, senang, atau sedang melakukan apapun itu dapat di posting dengan mudah. Sehingga dapat diketahui oleh orang lain sesame pengguna media sosial tersebut.



B. Dampak Positif

  • Dengan adanyan media sosial kita dapat mengupdate informasi – informasi dari berbagai sumber
  • Sebagai media untuk mengembangkan keterampilan dan sosial, untuk bersosialisasi dan berempati terhadap yang lain 
  • Dengan adanya media sosial dapat memperluas jaringan pertemanan, bahkan berbeda negara sekalipun
  • Sebagai sarana sosial dalam bisnis. Media sosial sangat membantu dalam proses mempromosikan suatu produk dan membantu persaingan dengan perusahaan – perusahaan lain yang bisa memberikan dampak yang baik bagi suatu pembisnis.
  • Sebagai tempat berbagi dalam beberapa fitur, baik foto, video, mengirim dokumen dan suara. 
  • Memudahkan menghubungan tali silaturahmi dengan keluarga yang jauh dalam mengumpulkannya dalam suatu grup sehingga memudahkan dalam berkomunikasi dengan keluarga



C. Solusi mengatasi kecanduan sosmed

  1. Batasi waktu online, mulai saat ini biasakan untuk menggunakan sosmed hanya di waktu senggang saja jangan di gunakan selama 24 Jam agar waktu kita tidak dihabiskan sepenuhnya hanya untuk bersosial media. Perlu juga kita menyibukan diri dengan aktifitas lainnya seperti pergi menonton dengan teman – teman dan hal – hal lainnya yang mengalihkan diri dari sosial media
  2. Lakukan kebiasan yang lain. Setiap orang pasti memiliki hobi masing – masing, maka seringlah menyibukan dengan hobi kita dan membiasakan hal – hal yang tidak berhubungan dengan sosial media
  3. Luangkan waktu dengan orang terdekat, sosial media kadang membuat seseorang lupa dengan lingkungan sekitar dan tidak peduli dengan orang – orang di sekeliling kita. Maka luangkanlah waktu kita dengan orang – orang sekitar, itu dapat mengalihkan perhatian kita terhadap sosial media
  4. Gunakan sosial media dengan bijak, sosial media dapat berdampak negative jika tidak di gunakan dengan baik maka dari itu bijaklah bersosial media dan jangan terlalu mengumbar hal – hal yang sifatnya terlalu pribadi dalam kehidupan kita.

Kesimpulannya:

Menghilangkan sebuah kecanduan tentu bukan hal mudah, termasuk kecanduan sosial media. Agar proses menghilangkan kecanduan ini tidak terasa berat dan sulit diterapkan, lakukan perubahan secara perlahan dengan memilih cara-cara yang tepat dan hal – hal yang nyaman yang bisa di kerjakan lainnya. Hal ini akan membawa banyak perubahan yang lebih positif, hingga akhirnya kita dapat membatasi diri kita dalam menggunakan sosial media dan privasi kita, karna pengaruh sosial media sangatlah besar bagi kehidupan kita terutama kehidupan bermasyarakat.

Ditulis Oleh : Afifah Syadza

Post a Comment