Pentingnya Orahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang,tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani.

Apakah kalian tahu seberapa pentingnya Olahraga bagi tubuh? Banyak orang yang mengira bahwa Olahraga itu tidak penting tetapi tahukah kalian bahwa Olahraga itu sangat dibutuhkan untuk kesehatan dan banyak orang yang menganggap bahwa Olahraga itu hanya akan melelahkan,walaupun melelahkan tetapi itu sangat penting untuk daya tahan tubuh.

Disini saya akan membahas dampak dari malas berolahraga dan Manfaat olahraga dengan benar. Jika anda ingin hidup sehat marilah simak artikel yang akan kami bahas ini.
Salah satu cara untuk mencapai kesehatan yang optimal adalah dengan berolahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat dan bergizi.

Contoh Beberapa Dampak Malas Berolahraga

Obesitas

Banyak yang beranggapan bergabung di pusat kebugaran atau gym hanya untuk orang-orang yang kelebihan berat badan saja. Padahal olahraga itu kewajiban semua orang lho sebagai “maintenance tubuh”agar tetap sehat.
Semakin anda jarang bergerak dan melakukan pembakaran lewat olahaga, hati-hati, berat badan bisa bertambah dan bukan tidak mungkin bahaya obesitas menyerang sewaktu-waktu.

Mudah lelah

Kalau anda akhir-akhir ini mudah sekali merasa cepat lelah dan tidak bertenaga. Besar kemungkinannya ini akibat malas berolahraga. Karena dari aktivitas berolahraga, darah anda akan banyak mengandung oksigen dan ini yang menjadi ‘power’ untuk anda tetap segar melakukan aktivitas seharian.

Insomnia

Orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia bukan hanya mengalami gangguan psikologis, tapi juga karena penurunan metabolisme tubuh yang menjadikan fungsi organ tidak bekerja sempurna akibat malas berolahraga.
Kalau anda mengalami keluhan susah tidur di malam hari, cobalah untuk rutin berolahraga. Jalan cepat 30 menit per hari sudah cukup. Mudah kan?

Badan kaku dan sering merasa pegal-pegal

Jika anda sering pegal-pegal di area tertentu seperti persendian kaki, pinggang, tegang di area pundak dan yang lainny, jangan langsung minum pain killer. Bisa jadi ini hanya akibat dari anda yang malas berolahraga.
Berolahraga, menggerakan tubuh, dan melatih otot pada tubuh akan menghilangkan rasa pegal dan tegang, asal anda rutin menjalankannya.

Penumpukan lemak

Kalori yang tidak terbakar lewat aktivitas fisik akan tertimbun dalam bentuk lemak, ini bukan hanya penyebab anda bertambah gemuk, penumpukan lemak pada organ vital seperti jantung juga berisiko terkena penyakit jantung koroner, dimana apabila sudah terjadi serangan jantung, akan menjadi penyebab kematian yang tiba-tiba.

Sakit kepala

Penyebab sakit kepala juga bermacam-macam lho,anda. Maka dari itu, jangan terlalu sering mengambil jalan pintas dengan minum obat sakit kepala. Obat hanya menghilangkan rasa sakit sementara.

Coba deh saat sakit kepala menyerang lakukan aktivitas menggerakan tubuh sampai berkeringat. Karena setelah olahraga aliran darah akan membaik dan bukan tidak mungkin rasa sakit dikepala akan menghilang.
Jadi, cobalah mulai membiasakan diri berolahraga dengan jenis olahraga yang anda suka. Seperti berenang, senam aerobik, atau lari pagi. Kalau sudah suka dengan jenis olahraganya, pasti anda tidak akan merasa tersiksa melakukannya.

Manfaat Pentingya Olahraga Bagi Tubuh Manusia


Meningkatkan kemampuan otak.

Latihan fisik yang rutin dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Karena olahraga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak. Para ahli percaya bahwa hal-hal ini dapat mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik.

Membantu menunda proses penuaan.

Riset membuktikan bahwa latihan sederhana seperti jalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita di atas 65 tahun.Semakin sering dan lama mereka melakukannya makan penurunan mental kian lambat.

Mengurangi stres.

Olahraga dapat mengurangi kegelisahan. Bahkan lebih jauh lagi, bisa membantu Anda mengendalikan amarah. Latihan aerobik dapat meningkatkan kemampuan jantung dan membuat Anda lebih cepat mengatasi stres. Aktivitas seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, dan lari merupakan cara terbaik mengurangi stress.

Menjauhkan dari beragam penyakit

Manfaat pertama dari olahraga adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Membuat tubuh lebih tegap

Gerakan yang dilakukan saat olahraga merangsang semua bagian tubuh agar lebih fleksibel. Otot tubuh juga menjadi lebih elastis dan tidak kaku. Bagi anak-anak olahraga amat penting untuk menunjang postur tubuhnya. Menurut Kathleen, anak yang rutin berolahraga sejak kecil akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk saat berjalan.


Membuat tubuh lebih tegap

Gerakan yang dilakukan saat olahraga merangsang semua bagian tubuh agar lebih fleksibel. Otot tubuh juga menjadi lebih elastis dan tidak kaku. Bagi anak-anak olahraga amat penting untuk menunjang postur tubuhnya. Menurut Kathleen, anak yang rutin berolahraga sejak kecil akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk saat berjalan.

Merangsang pertumbuhan ideal

Saat tubuh digunakan untuk beraktivitas, kalori yang ada di dalamnya akan terbakar lebih sempurna. Kathleen menjelaskan kalori ini akan diproses menjadi energi secara keseluruhan tanpa ada yang tersisa dan berpotensi menimbulkan tumpukan lemak tubuh. 

Meningkatkan daya pikir

Selain bermanfaat bagi fisik tubuh, Kathleen kembali menjelaskan jika olahraga teratur juga memiliki peran yang baik untuk meningkatkan daya pikir anak. Buah dari aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin membuat otak lebih tercukupi asupan gizinya. Otak berkembang secara berkala dan membuat si kecil lebih pintar saat proses belajar tiba.

Meningkatkan nafsu makan

Kebaikan ini mungkin yang amat dibutuhkan oleh si kecil. Gerakan yang dilakukan saat berolahraga merangsang organ pencernaan juga aktif bergerak. Organ pencernaan akan bekerja lebih optimal untuk menyesuaikan kebutuhan energi bagi tubuh. Makanan yang masuk ke dalam perut akan terproses secara keseluruhan dan membuat si kecil akhirnya mengalami lapar. Dia pun akan makan lebih lahap beragam hidangan sehat yang sudah Anda sajikan. Demikian penjelasan terakhir Kathleen Zelman yang juga ahli gizi ini.

“Sudah mengertikan manfaat penting olahraga bagi kesehatan tubuh, yuk langsung olahraga Mulai sekarang”

Ditulis Oleh : Muhammad Ramdoni          

16 Komentar

  1. Makasih atas infonya🙏

    BalasHapus
  2. Makasih buat informasi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good mamank tapi ane ga pernah olahraga

      Hapus
    2. Good mamank tapi ane ga pernah olahraga

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Saya mau tanya tentang perbedaan manfaat olahraga pagi, sore dan malam itu bagaimana? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. -Klo manfaam dipagi hari udara masih sejuk, dapat membakar lemak lebih banyak, badan pun masih segar, pembakaran kalori pun menjadi optimal sehingga dapat memberi energi yang maksimal dari metabolisme.

      -Kalo siang manfaat ya bisa mengurangi stress karena pekerjaan juga bisa meningkatkan mood juga tapi sebaik ya orahraga pagi ya

      -kalo olahraga malam dapat mengembalikan energi yang hilang setelah beraktivitas, dan setelahnya akan meningkatkan kualitas tidurmu tapi jangan berolahraga mendekati jam tidur ya soalya kamu justru akan merasa susah tidur..... terimakasih sudah bertanya:)

      Hapus
  6. Sangat bermanfaat informasinya ka

    BalasHapus

Posting Komentar