Smartphone - Apabila kita membicarakan tentang smartphone pasti tidak akan ada habis nya. Baik dari segi teknologi, fitur baru yang di sematkan atau desain yang sedang menjadi trend saat ini. Dahulu pada era tahun 2010 sampai 2013 merupakan era ke emasan milik Blackberry atau biasa di singkat BB, tak heran pada tahun tersebut banyak sekali baik remaja dan orang dewasa memiliki Blackberry. Yang membuat special adalah fitur aplikasi Blackberry Mesengger atau BBM, siapa yang tidak tau BBM hampir dari kita semua pasti memiliki akun Blackbery Mesengger. Saling bertukar pin dan mempromosikan pin mereka merupakan hal yang lazim pada era tersebut, bahkan karena saling bertukar pin benih-benih cinta pun bermunculan tak jarang aplikasi ini disebut aplikasi “cari jodoh”.

Di tanggal 31 Mei 2019 Blackberry Mesengger resmi di tutup di karenakan kalah bersaing dengan aplikasi seperti Whatsapp dan Line. Tahun 2014 sampai sekarang menjadi persaingan 2 OS besar, yaitu Android dan iOS. Berikut beberapa  smartphone berbasis Android dan iOS yang masih worth it untuk di miliki walau sudah ketinggalan jaman.

Iphone 6 series ( 6,6s,6+,6s+ )

Siapa yang masih memakai Iphone 6 series ? tenang aja jangan takut gengsi akan temen kalian yang memiliki Iphone X atau XR. Iphone generasi ke 6 ini memiliki 4 varian seperti :

  • Iphone 6
  • Iphone 6s
  • Iphone 6+
  • Iphone 6s +
Iphone-6-series


Dari yang paling rendah ialah Iphone 6, dirilis pada tahun 2014 dan sampai sekarang masih banyak yang memakai Ip 6 ini kok. Berbekal iOS 8 dan bisa di upgrade sampai dengan iOS 12 dan chipset Apple A8 Dual Core 1.4 Ghz dengan varian internal 16Gb,32Gb,64Gb,128Gb yang dipadukan dengan Ram sebesar 1Gb. Dari sektor kamera, kamera belakang dengan lensa 8mp yang bisa merekam sampai 1080p@60fps dan kamera depan 1.2mp yang bisa merekam sampai 720p@30fps. Battery yang dimiliki sebesar 1810mAh dan layar 4.7 inch, cukup kecil untuk ukuran gadget saat ini.

Dan yang paling tinggil ialah Iphone 6s +, dirilis setahun setelah Iphone 6 yaitu 2015. Berbekal iOS 9 dan bisa di upgrade sampai dengan iOS 12 dan chipset Apple A9 Dual Core 1.84Ghz dengan varian internal 16Gb,32Gb,64Gb,128Gb dan dipadukan dengan Ram sebesar 2Gb, lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya pasti nya. Kamera belakang dengan lensa 12mp dengan OIS sensor agar lebih stabil saat mengambil gambar saat bergerak dan dipadukan dengan dual led flash dan juga mampu merekam sampai 2160@30fps dan 1080@60fps, kamera depan dengan lensa 5mp dan mampu merekam video sampai denga 1080@30fps. Kualitas kamera yang masih bisa bersaing dengan kamera smartphone flagship tahun 2019. Battery yang dimiliki sebesar 2750mAh dan layar sebesar 5.5 inch, layar lebar dan batterai yang dibilang besar untuk Iphone membuat banyak orang mencari di tahun ini dan pasti nya harga sudah turun karena sudah hampir 4 tahun smartphone ini di Indonesia, jadi untuk kamu yang ingin mencari Iphone yang masih eksis sampai sekarang Iphone 6 series jawaban nya.

Samsung Galaxy Note 5

Samsung-Galaxy-Note-5

Kali ini datang dari raksasa Android yaitu Samsung. Dengan seri Galaxy edisi note 5, bahkan bisa dibilang Note 4 ini merupakan flagship dari Samsung untuk bersaing dengan Apple. Dirilis tahun Agustus 2015 dengan mengusung nano sim, lebih kecil dari micro sim dengan app Samsung Pay yang mendukung pembayaran via kredit atau visa. Dengan layar Super Amoled dan ukuran layar 5.7 inch serta dilapisi proteksi Corning Gorilla Glass 4 menjadi kan layar nya tahan akan goresan. OS nya mengusung Android Lolipop 5.1 dan dapat di upgrade sampai android nougat 7.0, dilengkapi chipset exynos 7420 octa core 4x2.1 Ghz Cortez-A57 & 4x1.5 Ghz Cortez-A53. Internal yang diberikan mulai dari 32Gb,64Gb,128Gb yang dibekali dengan Ram sebesar 4 Gb. Di sektor kamera, kamera belakang mengusung lensa sebesar 16mp dengan sensor OIS dan mampu merekam sampai 2160p@30fps, kamera depan nya 5mp dengan fitur dual video call dan auto HDR dan mampu merekam sampai 1440p@30fps. Dengan dibekali sensor sidik jari atau Fingerprint maka keamanan nya menjadi lebih baik dari pendahulu nya, battery nya sebesar 3000mAh dan sudah dibekali Fast  Charge 15w yang mampu mengisi baterai 80% dalam waktu 40menit.


Iphone 7 Plus

Iphone-7-Plus

Kali ini datang lagi dari raksasa Apple yang pada tahun 2016 lalu mengeluarkan Iphone 7 Plus yang menjadikan smartphone tersebut menjadi flagship di tahun tersebut. Dengan dibekali layar 5.5 inc dan resolusi 1080x1920 pixel dan ratio 16:9 dan 3D Touch menjadikan iphone ini menjadi smartphone di kasta premium. Di susun dengan iOS 10 yang upgradeble sampai iOs 12, dengan dapur pacu Apple A10 Fusion Quad Core 2.34 Ghz yang pasti lebih cepat dan kencang dan pastinya memudahkan kita dalam hal multitasking. Dengan varian internal 32Gb,128Gb,256,GB dipadu dengan Ram 3 Gb yang besar menjadikan kamu tidak akan menyesal membeli smartphone ini, bukan promosi ya hehehe. Di sektor kamera, kamera belakang dibekali Dual kamera 12mp PDAF dengan OIS sensor dan 12mp Autofocus 2x Optical zoom yang membuat kualitas gambar semakin realistis dan bagus dan juga mampu merekam sampa 2160p@30fps sampai 1080p@120fps, kamera depan mengusung lensa 7mp face detection dan juga fitur hdr yang sama seperti Ip 6s+ Cuma lensa nya dibuat lebih besar buat kalian yang hobi banget selfie kualitas kamera depan iphone tidak perlu ditanya lagi. Fitur lain nya ialah Fingerprint, Accelerometer sensor, Gyro sensor, dan Proximitry sensor. Battery yang diberikan sebesar 2900 mAh untuk harga masih terbilang mahal, dikarenakan pengguna Iphone yang ingin mencoba Iphone X tetapi budget tidak mencukupi maka pilihan jatuh ke Iphone 7 plus. Saya pernah mencoba multitasking dengan smartphone ini dan jawaban nya adalah memuaskan, dan bagi kalian yang gak ingin audio jack dihilangkan seperti Iphone 8 dan Iphone X tenang saja Iphone 7+ masih menyediakan port audio jack 3.5mm bagi kalian yang masih memilik earpods.

Baik sepertinya sudah cukup pembahasan tentang beberapa smartphone yang masih worth it dibeli di tahun 2019 ini, buat anda yang ingin memiliki hp flagship tapi dana tidak mencukupi maka smartphone diatas menjadi pilihan anda, untuk Ip 7+ seri 128 Gb harga yang dibutuhkan sekitar 9,9 jt tidak sampai diatas 10jt, coba anda bandingkan harga tersebut dengan Ip X yang hanya bisa dapat 64 Gb saja. Bagaimana ? worth it kah untuk dibeli, Terima Kasih Sudah Membaca.

Ditulis Oleh : Umar Mukhtar

16 Komentar

  1. 9,9 Juta itu harga resmi di iBox ???

    BalasHapus
  2. Apalah daya yang hp-nya cuma oppo F5 :')

    BalasHapus
  3. ngereview hp mulu mas nya, jomblo ya ?

    BalasHapus
  4. Pen ganti hape jadinya :')

    BalasHapus
  5. Ini "worth it" buat siapa yaa agaknya :')

    BalasHapus
  6. Sebetulnya worth it atau enggaknya bisa diliat dari banyak aspek juga, terlebih untuk tahun 2019 dan beberapa tahun kedepan, teknologi pasti makin canggih dan menarik perhatian si pemakai. Brand hp ternama juga pastinya bakalan munculin produk terbarunya yang bisa bikin pangsa pasar mau beli. Terkait worth itu atau enggaknya hp2 diatas tergantung bagaimana tujuan, kebutuhan dan kemauan pembeli��. Dan menurut saya Smartphone diatas bisa dibilang masih worth it utk tahun ini

    BalasHapus
  7. nge review hp mulu kaga nikah nikah.

    BalasHapus
  8. Mas jangan review mulu, cari calon bojo mu

    BalasHapus
  9. Artikel nya bagus dan saya juga sangat merekomendasikan smartphone tersebut













    kalau anda punya duit hehehe

    BalasHapus
  10. Mantab gan sangat bermanfaat sekali artikel nya

    BalasHapus

Posting Komentar