Sukses di Usia Muda - Siapa sih yang gak pengen sukses di usia muda? Pasti semuanya pengen dong sukses di usia muda. Tapi sukses itu memang tidak mudah perlu adanya kerja keras dan tekat yang kuat untuk meraihnya. Kebanyakan anak muda sekarang tidak terlalu memikirkan kuliah karena sudah keasyikan bekerja dan mendapatkan gaji. Mereka berfikir kuliah itu pusing karena selalu banyak tugas yang diberikan dosen apalagi disaat detik-detik terakhir untuk sidang wisuda pasti pusing deh kalo dibayangin mah. 

Untuk itu kita perlu membuka fikiran kita agar kita tidak berfikir kuliah itu tidak penting dengan cara  merubah pola pikir kita untuk lebih memikirkan masa depan daripada kesenangan sesaat ketika masa-masa kerja saja. Jadikan pekerjaan kita bukan sebagai tujuan akhir dari harapan kita dan jangan merasa puas akan gaji yang kita dapatkan. Memang tidak mudah memulai kuliah sambil bekerja jika kita tidak terbiasa, tapi kita harus sadar bahwa masa depan kita masih panjang dan tidak berenti sampai disini saja. Kuliah sambil kerja itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri untuk yang melakukannya karena kita bisa menuntut ilmu tanpa harus merepotkan orangtua lagi di masa muda kita.

Memang tidak mudah kuliah sambil bekerja karna kita harus bisa mengatur waktu dan pengeluaran antara biaya hidup kita dan untuk biaya kuliah kita setiap bulannya. Tapi perlu disadari bahwa kuliah sambil kerja juga sangat banyak manfaatnya, diantaranya kita jadi lebih siap bekerja setelah lulus kuliah karena sudah memiliki banyak pengalaman selama kuliah. Di era yang sudah modern ini perusahaan lebih suka calon pelamar yang sudah memiliki banyak pengalaman dibidangnya. Sehingga kita tidak ragu ketika ingin melamar pekerjaan ke tempat yang kita inginkan.

Untuk itu pilihlah program kuliah yang sesuai dengan kemampuan kita dan bisa membuat kita memiliki pekerjaan yang lebih baik setelah lulus kuliah. Jangan jadikan kuliah sambil kerja sebagai beban yang berat kita harus melaksanakannya dengan penuh keiklasan dan sungguh-sungguh dalam melaksanakannya agar kita bisa mendapatkan hasil yang memuaskan saat akhir kelulusannya.


Bagaimana cara kita agar tidak berenti kuliah ditengah jalan?

Mengenai hal ini perlu kita tekankan bahwa kuliah itu bukan sekedar mendapatkan ijazah dan hanya menghambur-hamburkan uang untuk membayar kuliah, melainkan untuk mendapatkan ilmu-ilmu selama proses belajar serta mencari pengalaman yang sebanyak-banyaknya.  Apalagi kita yang harus kuliah sambil bekerja jangan sampai kita terbawa oleh perasaan malas yang berlebihan. Dengan cara kita harus optimis bahwa setelah lulus kuliah kita akan menjadi manusia yang jauh lebih baik dan hidup pun akan menjadi lebih baik. Kita harus berfikir, bahwa masih banyak anak yang harus putus sekolah dan ingin kuliah tapi tidak memiliki biaya karena faktor ekonomi sehingga kita bisa lebih bersyukur untuk tidak berhenti kuliah ditengah jalan.

Apasih tujuan kuliah sambil kerja itu?

Tujuan kuliah sambil kerja tentunya agar supaya kita bisa mandiri dan bisa lebih menghargai waktu serta penghasilan yang kita dapatkan. Jadi kita pun tidak boros dan seenaknya lagi dengan apa yang kita dapatkan. Sehingga, Penghasilan yang kita dapatkan dari bekerja jadi lebih bermanfaat dan tentunya menjadi lebih berkah dengan kita gunakan untuk hal positif yaitu untuk biaya kuliah.


Apa kiat-kiat sukses menjalankan kuliah sambil bekerja?

Karena saya baru melakukan kuliah sambil bekerja, jadi menurut saya kiat sukses kuliah sambil bekerja itu adalah jangan mudah menyerah, jangan mudah putus asa , jangan pernah berhenti untuk berusaha selama belum mencoba, jangan menunda-nunda tugas dan selalu belajar untuk menjadi jauh lebih baik lagi, jangan pernah meremehkan hal kecil yang dianggap spele karena bisa jadi itu adalah jalan menuju kesuksesan kamu. Sukses itu kita yang menentukan dan kita yang menjalani jadi kita harus selalu optimis bisa sukses di usia muda dengan kuliah sambil bekerja.


Alasan kita harus mencoba kuliah sambil bekerja tuh apasih…?

Menurut saya alasan kuliah sambil kerja itu untuk membuktikan kepada perusahaan tempat kita melamar kerja bahwa selama kita kuliah kita sudah memilki banyak pengalaman dan tidak menjadi fresh graudate sehingga pihak perusahaan tersebut dapat mempertimbangkan kita untuk dapat masuk kedalam perusahaannya. Karena ijazah saja tidak cukup jika kita tidak memiliki keahlian sama sekali. Selain itu, kuliah sambil kerja juga dapat mempersingkat waktu kita untuk menuntut ilmu di usia muda jadi waktu kita tidak terbuang sia-sia hanya untuk sedekar bekerja di masa muda.

Dari penjabaran diatas, kuliah sambil kerja memang begitu banyak manfaatnya. Salah satunya, Kita jadi banyak memiliki koneksi pekerjaan. misalnya, kita punya teman yang sudah bekerja di suatu tempat lalu kita melamar di tempat tersebut jadi lebih mudah, apalagi kalau kita punya keahlian di bidang tersebut. Untuk itu kita perlu belajar dengan sungguh-sungguh agar kita bisa mendapat ilmu yang bermanfaat dan kita jadi enggak sia-sia mengeluarkan uang buat biaya kuliah. Karena pada dasarnya kuliah sambil kerja itu hanya butuh tekat dan niat yang kuat serta keiklasan untuk menjalaninya. Untuk itu mari kita memulai semuanya di usia muda sebelum kita menyesal di usia tua karena terlalu meremehkan pendidikan yang sejatinya pendidikan itu memang sangat penting. bukan hanya untuk diri kita sendiri tapi untuk keturunan kita juga nantinya terutama seorang perempuan yang akan menjadi madrasah pertama bagi anak-anaknya kelak. Sekian,  Terima kasih telah membaca.

Ditulis Oleh : Siti Mardiana

1 Komentar

Posting Komentar