Cara Tepat Berdebat Secara Cerdas, Meyakinkan dan Positif

Kapan saat berdebat, kapan saat untuk menjauh?

Saya yakin bahwa anda pernah terlibat dalam sebuah perbincangan, lalu anda kira waktu dan tepat tersebut sebenarnya kurang tepat untuk memperbincangkan hal itu, mengetahui kapan dan dimana anda dapat memperbincangkan sesuatu, dan kapan anda perlu menjauh merupakan keterampilan yang sangat penting.Sebelum mengawali (atau meladeni) sebuah percakapan, tanyakan kepada diri anda: Apakah ini waktu dan tempat yang tepat? Apakah lebih baik untuk menjauh saja dan tidak membicarakan hal itu sama sekali atau menyimpannya untuk dibicarakan pada kesempatan ini?

Memasuki perdebatan

Penting sekali untuk memikirkan hal-hal berikut yaitu : Mari kita bahas keempat hal diatas satu persatu.

Apakah perdebatan itu bermanfaat ?

Untuk apa anda berdebat jika perdebatan itu tidak bermanfaat? Bayangkan jika anda menghadiri acara peluncuran usaha yang baru anda rintis. Dalam acara itu, Anda memperkenalkan diri anda kepada seorang pria tampan dan beribawa yang segera memberitahu anda bahwa ia adalah ketua himpunan pemburu setempat, padahal anda sangat menentang perburuan. Anda bisa saja seketika menyulut perdebatan dengan mengemukakan pendapat yang menentang perburuan, tetapi mustahil hal itu akan membawa hasil yang bermanfaat. Dalam suasana seperti itu, anda tidak mungkin dapat berargumentasi secara efektif. Argumentasi semacam ini tidak akan meraih tujuan apapun, bahkan anda mungkin akan menghancurkan peluang bisnis anda. Lebih baik anda menjauh atau mengubah topik percakapan. Simpanlah persoalan itu untuk kesempatan lain.

Hanya empat mata ataukah dengan disaksikan banyak mata?

Persoalan ini bisa menjadi masalah penting, khususnya dalam koneksi bisnis. Anda perlu memikirkannya dengan cermat, apakah argumen tersebut hanya perlu dikemukakan kepada orang yang bersangkutan,ataukah lebih baik dibahas dalam kelompok? Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan : Keberhasilan, Kepercayaan, Formalitas, Intimidasi dan Kesepakatan. 

Apakah anda siap secara emosional? 

Berdebat secara meyakinkan memerlukan waktu, perhatian ,dan upaya. Berdebat ketika anda merasa letih, berada dalam kondisi emosi yang tidak stabil, dan tergesa-gesa biasanya tidak akan bermanfaat. Walaupun anda tidak merasa letih, emosi anda dalam kondisi stabil, dan anda tidak tergesa-gesa, anda sebaiknya tetap memilih waktu ketika anda merasa siap dalam posisi yang tepat untuk menjelaskan argumen anda sekaligus mendegarkan argumen orang lain. 

Apakah lawan bicara anda juga siap secara emosional ?

Persoalan kesiapan emosional juga berlaku bagi lawan bicara. Anda mungkin sudah sepenuhnya siap untuk berargumentasi,tetapi lawan bicara anda belum tentu demikian. Idealnya, ia pun harus siap mendengarkan anda. Anda mungkin perlu memberitahukan pokok-pokok pembicaraan itu sebelumnya,misalnya melalui memo yang menjelaskan maksud anda dan menyarankan diadakannya suau pertemuan untuk membahas masalah tersebut. Hal itu akan memberinya waktu untuk memikirkan usulan anda ,lalu memberikan jawaban yang penuh pertimbangan. 

Ditulis Oleh : Nur Dwi Jayanti

4 Komentar

  1. Mungkin menurut saya kalo untuk berdebat tidak harus dengan emosi
    berdebat harus dengan kepala dingin dengan suasana
    yang santai.
    berdebat akan medapatkan hasil tujuan yang di disuksikan

    BalasHapus
  2. Menurut saya nh ya, suatu prsoalan hruss cpet di sampaikan, apalagi hal yg sangat penting untuk kebaikan bgi brsama.msipun itu kadang menimbulkan perdebatan scara emosiaonal/ non emosional.akan tetapi kita harus bisa membawa,a ke arah tujuan yg lebih baik.
    Contoh,a
    - baik dari sifat/ cara penyampaian,a
    - baik untuk niat dan tujuan,a.
    Kerna suatu pembicaraan sering terjadi perdebatan. tinggal dari kita,a masing" agar pembicaraan tu tidak menimbulkan suatu perdebatan yg acara emosional.🙏🙏

    BalasHapus
  3. Untuk berdebat sebaiknya tidak mengeluarkan rasa emosi, lebih baik dengan hati yg tenang dan kepala dingin. Mengapa begtu? Karena untuk menciptakan suatu hasil yg lebih baik.
    Perdepatan juga bisa di bilang bermanfaat karena dengan kita berdebat, seseorang akan mengetahui suatu pemikiran seseorang, dengan adanya perdebatan akan menghasilkan suatu tujuan yg sama dari kesepatakan bersama

    BalasHapus

Posting Komentar