ilmu-pengetahuan

Bagi saya ilmu pengetahuan adalah kebutuhan yang sanagt penting, apalagi di zaman sekarang. Semuanya membutuhkan ilmu pengetahuan, tanpa pengetahuan kita tidak berarti, bahkan tidak ada orang yang peduli. Dari kecilpun kita dituntut untuk mencari ilmu dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, bahkan sampai kapanpun kita perlu belajar.

Dari ilmu kita bisa dapatkan pembelajaran, menyelesaikan masalah, mendapatkan pekerjaan yg lebih baik, mendapatkan sikap yang baik dan masih banyak lagi. Ilmu bisa dicari dimanapun dari hal terkecil pun kita bisa mendapatkannya.

KENDALA MENDAPATKAN ILMU

Menurutku kendala atau halangan untuk mendapatkan ilmu banyak, seperti: dari masalah ekonomi, keadaan sekitar atau lingkungan, bahkan tentang pemikiran orang-orang yang berbeda.

Saya sering dengar”buat apa perempuan sekolah tinggi toh nantinya ke dapur juga.”!, entah kenapa masih banyak pemikiran seperti itu. Memang benar perempuan akan kedapur tapi hal itu tidak bisa dibenarkan pemikiran itu, perempuan sebelum menikah dia pasti akan bekerjadan untuk mendapatkannya itu akan membutuhkan ilmu dan gelar pendidikan yang tinggi, dengan ilmu semuanya akan lebih mudah.

Mau pria ataupun wanita, mau kaya atau miskin ilmu akan selalu bermanfaat baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain

Walau perempuan akan kedapur dan memasak ilmu yang dia dapatkan selama dia belajar akan berguna sampai kapanpun. Walau dai sudah menikah ilmunya bisa disalurkan kepada anak-anaknya nanti

SEMANGAT MENCARI ILMU

Setiap orang pasti mempunyai semangatnya sendiri untuk mendapatkan suatu ilmu pengetahuan, baik dari keluarga, teman, maupun kejadian-kejadian tertentu, bahkan suatu ejekan pun akan dapat dijadikan semangat oleh oarang-orang tertentu.

Mencari ilmu pasti didahului dengan nit dan setiap orang pasti memiliki niat tersebut. Yang membedakannya adalah seberapa dalamnya niat yang dimilikinya. Kedua adalah semangat itu sendiri seberapa kuat dan tekadnya untuk semangat mencari ilmu tersebut. Tapi ilmu saja tidak akan berarti tanpa akhlak yang baik, sopan santun, dll

Orang yang berilmu memnag baik akan tetapi orang yang berilmu disertai dengan akhlak yang baik itu akan lebih baik lagi. Dari ilmu akan melahirkan banyak hal kebaikan.

BAGAIMANA CARA MENGHARGAI ORANG LAIN

Menghargai orang lain itu sulit tetapi sulit bukan berarti tidak bisa. Seperti yang saya jelaskan pada artikel sebelumnya, ini juga berkaitan dengan artikel itu. Karena bagi saya ilmu pengetahuan harus disertai dengan sikap menghargai orang lain. Mungkin ilmu pengetahuandan sikap menghargai itu tidak ada sangkutnya, akan tetapi bagi saya itu ada sangkutannya. Menghargai orang lain dengan memahaminya akan melahirkan suatu pebelajaran tersendiri bagi saya.

Saya ingin mempunyai banyak ilmu, akhlak yang baik dan bisa menghargai orang lain dengan memahaminya. Setiap orang pasti mempunyai sikap menghargai tapi tidak setiap orang orang yang mempunyai sikap menghargai disertai dengan memahaminya.

Bagi saya ilmu pengetahuan, akhlak yang baik, sikap menghargai dengan memahaminya itu sangat berkaitan.

  • Berusahalah menghargai dengan baik jika ingin dihargai orang lain.
  • Perbaiki diri kamu, maka kamu akan mendapatkan yang baik.
  • Hanya bicara tanpa melakukan tak akan berarti. Banyak orang yang bisa bicara saja tetapi hanya sedikit yang bisa melakukannya.


CONTOH DALAM MENCARI ILMU YAITU DENGAN CARA TAFAKUR

Tafakur adalah mereka yang berfikir dan merenungkan tanda-tanda kekuasaan Allah, baik yang ada di alam jagad raya maupun yang ada di dalam diri mereka sindiri agar semakin kuatlah keyakinan dan keimanan mereka terhadap tuhan yang telah menciptakan atas segala sesuatu. Firman Allah SWT: “katakanlah.’ Perhatikanlah apa yang ada dilangitdan dibumitidaklah bermanfaat tanda-tanda ( kebesaran Allah) dari rasul-rasulnya yang memberi peringatan bagi orang yang tidak beriman.” (Q.S Yunus {10}:101).

“dan dibumi terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi ornag-orang yang yakin, dan (juga)pada dirimu sendiri, maka apakah kamu tidak memperhatikan?” (Q.S Adz-dzariyat(51):20-21)

“kami akan memperhatikan kepada mereka tanda-tanda ( kebesaran ) kami disegenap penjuru dan pada diri mereka sendiri sehingga jelaslah bagi mereka bahwa al-qur’an itu adalah benar.tidak cukuplah ( bagi kamu ) bahwa tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu.” (Q.S fushlihat:53)

Tafakur terdiri dari 5 macam diantaranya:

  • Tafakur tentang ayat-ayat Allah, yang melahirkan tauhid dan yakin kepada Allah.
  • Tafakur tentang nikmat-nikmat Allah, yang melahirkan rasa cinta dan bersyukur kepada Allah.
  • Tafakur tentang ancaman Allah, melahirkan sikap waspada dan takut terhadap perpuantan dosa.
  • Tafakur tentangjanji-janji Allah, melahirkan rasa cinta akhirat.
  • Tafakur tentang kekurangan diri sendiri dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah, melahirkan rasa malu dan keinginan untuk memperbaiki diri.

CONTOH SESEORANG YANG MEMANFAATKAN ILMU

KISAH BADIUZZAMAN

Badiuzzaman atau” sang keajaiban dunia “ beliau adalah AL- allamah badiuzzaman said nursi tentang tafsir AL-Qur’an, kaidah memahami hadits, tentang penyakit umat dan obatnya, fiqih dakwah, dan bahkan tentang peradaban qur’ani.

Tokoh yg begitu disiplin menjaga diri dari syubhat, yang sejak kecil hingga tua sangat tsabat dan teguh menjaga pandangan matanya dari yang tidak halal.tokoh yang sangat penyayang kepada makhluk-mahkluk Allah bahkan kepada semut, kecoa, dan tikus sekalipun. Tokoh yang sangat kokoh memegang agama-nya, dan sangat teguh memperjuangkan agama-nya, dengan cara yang indah, penuh cinta dan damai. Yaitujalan-jalan cahaya –sekecil apapun- akan tetap mampu menyibak kegelapan. Tokoh yang kesabarannya bisa menjadi tauladan bagi para pejuang kebenaran. 25 tahun hidup dari penjara kepenjara lain danpengasingan, namun tetap menulis dan tetap berada di garda paling depan menegakkan kalimat tauhid  dan risalah nur-nya said nursi terus “ mengumandangkan adzan ” di seantero penjuru turki, ketika para muadzin di bungkam tidak boleh adzan. Karya badiuzzaman said nursia diantaranya: al kalimat, al maktubat, al lama’at, hingga asy syubhat.
Ditulis Oleh : Halimah

Post a Comment