Mencari Teman Dunia Dan Akhirat

mencari-pasangan-dunia-akhirat

Mengingatkan Temannya kepada Allah

Manusia pada dasarnya,cendrung lupa dan dan lalai.Pada saat mendapat nikmat,ia lupa.Namun,ketika tertimpa musibah,ia mengeluh bahkan memaki.Karena,seorang teman yang baik dan shalih selalu meluruskan dan mengingatkan kepada Allah agar ia selalu ingat dan bersyukur kepadanya dan kondisi bagaimana pun.Sikap itulah yang terbaik.

Kisah Abu Bakar misalnya.ketika ia hijrah bersama Nabi dan bersembunyi di gua,diamana ia saat itu merasa sangat ketakutan.Namun Nabi mengingatkan dengan ucapan, “Janganlah engkau bersedih,karena sesungguhnya Allah bersama kita.“

Dalam shahih al-Bukhori dan Muslim,disebutkan,Abu bakar berkata kepada Nabi, “Wahai Rasulallah!Jika salah satu dari mereka melihat ke bawah kakinya,niscaya ia pasti melihat kita. “Nabi berujar, “Wahai Abu Bakar!Kamu menyangka kita hanya berdua.Tapi sesungguhnya Allah yang ketiganya.”

Teladan lainnya dapat kita lihat pada kisah Nabi Musa.Beliau berkata kepada para sahabatnya karena ucapan mereka setelah melihat dua kelompok mengejar.


Mengingatkan Teman dengan al-Qur'an

Saling mengingatkan dan menasihati adalah ciri seorang Muslim.Ketikq teman yang dicintainya lupa atau lalai,ia selalu meluruskan dan mengingatkannya,terutama dengan Al-Qur’an.Sikap inilah yang ditunjukan oleh para sahabat ketika mereka merasa telah jauh dari nilai-nilai keislaman dan lupa akan firman Allah dan rasul-nya.

Ibnu Abbas berkata, “Suatu saat Uyainah bin Hishn bin Hudzaifah datang dan bermalam di rumah keponakan nya al-Hurr bin Qais,seseorang yang masuk Islam kerena Umar.Penghafal Al-Qur’an yang turut hadir dalam majelis musyawarah Umar baik tua maupun muda.Lalu Uyianah berkata kepada keponakannya. “ Wahai keponakanku!Engkau termasuk orang yang didengar oleh Amirul Mukminin.Mintalah izin darinya agar aku dapat bertemu dengannya. “AlHurr menjawab, “Aku akan meminta izin darinya. “Ibnu Abbas melanjutkan, “Maka al-Hurrmeminta izin kepada Umar dan permintaan nya pun diluluskan.Ketika ia masuk menemui Umar,Uyainah berujar, “Wahai Amirul Mukminin!demi Allah dia tidak pernah memberikan kepada kami hak dengan baik dan tidak menegakkan keadilan kepada kami.”Mendengar ucapannya,Umar pun naik pitam hingga ingin menghantam nya.Namun tiba-tiba al-Hurr meredakannya dengan berujar.

Ibnu Abbas berkata,”Suatu ketika Umar menggabungkan saya dengan para pemuka Badar.Ketika ada di antara mereka yang merasa tidak nyaman,mereka berkata,”Mengapa pemuda ini harus bergabung dengan kita,padahal kita juga punya anak seumur dengannya?”Umar menjawab,”Sesungguhnya itu yang kalian tahu.”Lalu pada suatu hari Umar mengajak ku,dan menggabungkanku dengan mereka kembali.Menurutku,beliau sengaja menggabungkanku bersama mereka pada hari itu agar ia melihat pendapat mereka.Umar lalu berkata,”Apa pendapat kalian tentang ayat Idza ja-a anasrullahi wal fathu.Ada yang mengatakan ,”Ayat itu memerintahkan kami untuk memuji Allah dan momohon ampunan kepada nya kami menang dan menaklukan kota Mekkah.”Setelah itu,yang lain terdiam,tak berkata.Lalu Umar berkata kepadaku,”Begitulh pendapatmu,wahai Ibnu Abbas?

Saling mengingatkan dan menegur adalah kebiasaan baik yang sering dilakukan oleh para sahabat.Misalnya,kisah Abu Bakar yang mengingatkan Umar ketika ia mengalami hal yang sama dialami olehnya ketika perang Hudaibiyah.sebuqh teguran dan pesan yang menenangkan hati dan meredakan amarahnya.

Dalam shahih Al Bukhari dan shahih Muslim disebutkan.zuhri berkata bahwa Urwah bin Zubair dari Miswar bin makhramah (Marwan mempercayai hadits dari kedua sahabatnya). Lalu ia menyebutkan sebuah hadits, dimana dalam redaksinya disebutkan Zuhri berkata, lalu Suhail bin Amr (perunding perdamaian dari pihak kaum musyrikin) datang dan berujar, “Tuliskan perjanjian antara kita !” Nabi menjawab, “Bismilah hirrahmanirrahim.” Suhail berkata, “ Ar-Rahman! Demi Allah, saya tidak mengerti apa maksudnya.

Ditulis Oleh : Dini Faradila

11 Komentar

  1. Bagus,membuat kita tahu mencari bukan untuk dunia tapi akhirat juga.

    BalasHapus
  2. Bagus dan menarik untuk di baca ... Materi yang di sampaikan mudh di pahami.

    BalasHapus
  3. Bagus dan menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  4. Bagus dan menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  5. Bagus dan menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  6. Yah jika memang sesuatu bisa diubah krnapa harus tidk mau diubah?

    BalasHapus
  7. Bagus lumaya lah buat pembelajaran

    BalasHapus
  8. Saling mengingatkan dalam kebaikan memang salah satu perintah Allah SWT,, Good Article 👍

    BalasHapus

Posting Komentar