Rencana-adalah-bencana

Disini, yang dimaksud dengan Rencana adalah Bencana yaitu bukan berarti setiap atau semua rencana yang pernah kita rencanakan atau pernah kita  pikirkan sebelumnya itu adalah bencana. Tetapi yang dimaksud rencana adalah bencana disini ialah suatu rencana yang hanya direncakan tanpa ada usaha dan kemauan untuk menjalankan atau mewujudkan itu semua, sehingga hanya menjadi keinginan sesaat saja. Berbeda dengan hal nya rencana yang dijalankan dengan niat dan kemauan yang tinggi untuk mewujudkan dan mendapatkan hasil yang diinginkan dari rencana yang kita buat sebelumnya.
Jika kalian sudah mampu menjalankan rencana yang kalian buat itu dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik juga, itu berarti kalian sudah berhasil dan tanpa kalian sadari kalian sudah menjadi orang yang sukses. Nah, sukses disini bukan berarti kalian sudah sukses dari segi apapun. Melainkan sukses disini menunjukan bahwa kalian sudah berhasil mewujudkan dan mencapai suatu rencana tersebut. Dan akan lebih baik jika kalian lebih giat lagi dalam menjalankan rencana tersebut agar kalian dapat mencapai hasil yang lebih memuaskan lagi.

Mengapa saya disini membuat dan  membahas soal rencana yang dapat menimbulkan bencana? Karena, saya sendiri sudah pernah mengalami hal tersebut. Dan benar, rencana tanpa ada usaha dan kemauan itu hanya akan sia-sia saja. Contohnya, kita sudah berencana ingin kesini, ingin kesitu, ingin menjadi ini, ingin menjadi itu, ingin seperti ini, ingin seperti itu, dan lain-lain. Namun, jika itu semua tidak diiringi dengan usaha apakah semua itu akan tercapai? Tentu tidak teman, karena itu semua juga harus di iringi dengan usaha dan do’a.

Dalam proses untuk mewujudkan rencana juga tentu nya kita harus memiliki semangat yang tinggi untuk mewujudkan nya. Oleh karena itu, kita tidak boleh bermalas – malasan. Karena malas hanya akan menunda proses saja, dan hal yang membuat kita malas untuk mewujudkan rencana yang telah teman – teman buat itu sebenarnya diri kita sendiri penyebabnya. Karna apa? Karena kita selalu menunda- nunda. Contohnya kita selalu menunda saat hendak menjalankan semuanya. Oleh karena itu saya punya cara saya sendiri untuk mencegah dari hal yang bisa membuat saya bermalas – malasan sehingga dapat menunda proses terwujudnya rencana saya, dan ini bisa teman – teman ikuti juga.

Yang pertama : Hilangkan kata – kata NANTI SAJA dalam setiap kita hendak ingin mewujudkan rencana yang sudah kita buat. Mengapa begitu? Karena kata – kata itulah salah satunya yang bisa membuat kita malas untuk mewujudkan rencana yang sudah kita buat, karena kapan semuanya akan terwujud jika hendak akan mewujudkan nya saja selalu di nanti – nanti. Jadi segerakan lah teman, jangan pernah kalian tunda – tunda karena itu semua hanya akan membuat kita jadi malas saja.

Yang kedua : TIDAK MUNGKIN, jauhkan juga atau hilangkan juga pemikiran seperti itu teman, karena di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, semuanya pasti bisa dan pasti mungkin selagi ada kemauan dan ada usaha untuk mewujudkan semuanya. Oleh karena marilah kita bersungguh – sungguh mewujudkan rencana kita semua.

 Nah teman, bisikan seperti itu harus kita hilangkan karena hanya akan menghambat proses saja. Maka dari itu segera lah bergegas untuk mewujudkan rencana kalian, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil, dan tidak ada yang tidak mungkin. Man jadda wa jadda..

Jadi, mulailah dari sekarang untuk belajar menghargai setiap rencana yang sudah pernah kita pikirkan dan yang sudah pernah kita buat, jangan menyerah begitu saja sebelum kita mencoba nya dan walaupun kita gagal, apa salah nya untuk mencoba nya lagi dan lagi sampai berhasil. Bukan kah memulai dari nol sampai berhasil itu indah, walaupun semua itu pasti di dampingi dengan ujian tapi apa kalian akan terus seperti itu? Yang selalu down dengan ujian. Tentu tidak, yakin lah bahwa kita bisa mewujudkan semua itu. Dan jangan sampai keinginan kita itu hilang begitu saja sebelum kita mencoba nya dan dapat menikmati hasil nya.

Jangan pernah kita menyerah sebelum kita mencoba, memang betul dalam setiap ingin melakukan sesuatu indah tentu nya pasti akan ada ujian, cobaan, atau masalah yang akan menghadang kita, oleh karena itu jangan sampai kita kalah ya teman – teman. Kita harus bisa melewati semua itu, Karena tuhan tidak akan menguji seorang hamba nya melebihi kemampuan yang hamba nya miliki, kita di uji karena tuhan tau kita pasti bisa melewati nya.

Ingat teman, kita di uji karena kita akan mendapatkan sesuatu yang indah yang telah di atur oleh sang maha kuasa, dan apa kalian tidak mau merasakan sesuatu yang indah itu? Rugi lho kalau sampai kita menyerah sebelum berusaha dan mendapatkan semuanya itu, dan kesempatan tidak akan datang dua kali. Jadi marilah berusaha sekuat tenaga kita untuk mewujudkan dan menikmati hasil dari semua itu.

Begitu pula sebaliknya dengan mimpi kita juga ya teman, jika sekira nya kita memang ingin sekali mewujudkan mimpi kita, ya berarti kita harus berusaha sekeras mungkin untuk mewujudkan nya jangan malah bermalasan. Nih ya teman – teman kalo kita hanya menginginkan rencana atau mimpi kita saja tanpa ada usaha dan kemauan untuk mewujudkan nya, kapan kita akan menjadi orang berhasil? Jadi berhentilah membuat rencana dan mimpi, sekarang sudah saatnya kita untuk melangkah dan mewujudkan semua itu.
Cukup sekian dan terima kasih.

Ditulis Oleh : Tata Septian

Post a Comment