Kisah-atau-Cerita-Tentang-Nabi-Ilyasa-Alaihissalam

Profil Nabi Ilyasa Alaihissalam

Nama : Ilyasa bin Akhtub 
Usia : 90 tahun
Masa hidup : 885-795 SM
Tempat wafat : Palestina
Sebutan kaumnya : Bangsa Arami dan Bani Israil 


Kisah Nabi Ilyasa Alaihissalam

Ilyasa atau Eliseus adalah Rasul Allah kepada bangsa Israil dan Arami, Nabi Ilyasa merupakan keturunan keempat Nabi Yusuf.

Saat Nabi Ilyasa masih muda dan menderita sakit, Nabi Ilyasa datang kerumahnya dan menyembuhkan penyakitnya. Setelah sembuh, Nabi Ilyasa pun menjadi anak angkat Nabi Ilyas yang selalu mendampingi untuk menyeru kepada jalan kebaikan. Nabi Ilyasa melanjutkan tugas kenabian setelah Nabi Ilyas meninggal. Nabi Ilyasa melanjutkan perjuangan ayah angkatnya agar kaumnya kembali taat kepada ajaran Allah swt.

Nabi Ilyasa kemudian mendapati bahwa manusia bagitu mudah kembali ke jalan yang sesat. Itu terjadi tak lama setelah Nabi Ilyas wafat. Padahal masyarakat lembah Yordania itu sempat mengikuti seruan Ilyas agar meninggalkan pemujaan terhadap berhala.

Nabi Ilyasa menghadapi penyangkalan Raja dan Ratu Israel terhadap agama sepeninggalan Nabi Ilyas. Nabi Ilyasa beberapa kali memperlihatkan mukzijatnya untuk menunjukan  kekuasaan Allah swt. Tapi mereka malah malah menyebutnya tukang sihir, sama seperti mereka terus membangkang sepanjang hidup Nabi Ilyas sebelumnya. Dan mereka kembali menanggung bencana kekeringan yang luar biasa.

Setelah beberapalama, Bangsa Israel ditaklukan oleh Bangsa Assyria. Bngsa Assyria menghancurkan Kuil Gunung dan menyebabkan kerusakan parah di Israel.


Cerita Berima Nabi Ilyasa Alaihissalam

Alkisah, ada seorang pemuda 
Yang hanya bisa membuka kelopak mata.
Dia sakit tak kunjung sembuh.
Obat juga tiada yang ampuh.

Doa Ilayasa dikabulkan.
Kesehatan Allah berikan.
Janji harus ditepati.
Tugas dakwah pun dijalani.

Tapi kaum kafir membuat hidup susah.
Hingga Nabi terpaksa hijrah.
Allah lalu memberi kemarau dahsyat.
Bagi mereka yang tak mau bertaubat.

Cerita, Kisah dan Infromasi ini diambil dari buku Hafidz Doll cerita anak. Terima kasih kepada penulis Hafidz Doll telah memberikan bahan bacaan untuk anak indonesia.

Post a Comment