Kisah-atau-Cerita-Nabi-Shaleh-Alaihissalam


Kisah Nabi Shaleh Alaihissalam

Nabi Shaleh adalah salah satu Nabi dan Rasul yang telah diutus oleh Allah Swt. Kepada kaum Tsamud. Nabi Shaleh diutus didaerah al-hijr, yaitu daerah antara Madinah dan Syria. Usiannya mencapai 70 tanun dan meninggal di Makkah.

Nabi Shaleh Alaihissalam dan Kaum Tsamud

Kaum Tsamud adalah nama yang diberikan pada suatu suku yang terhitung kebahagiannya dari bangsa Arab. Kemakmuran dan kekayaan alam yang dulu dinikmati oleh kaum ‘Ad kini telah diwariskan kepada kaum Tsamud.
Tanah-tanah subur yang memberi hasil berlimpah ruah, binatang-binatang perahan dan ternak yang berkembang biak, taman-taman yang indah bagaikan surge.
Kaum Tsamud tidak mengenal tuhan, mereka menyembah berhala dan memujanya, kepadanya mereka berkorban dan meminta perlindungan dari segala bencana dan musibah, dan mengharapkan kebaikan serta kebahagiaan.
Nabi Shaleh memperkenalkan diri bahwa dia adalah Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah Swt untuk membimbing jalan mereka dan mengentaskan mereka dari berhal-berhala yang mereka sembah, namun itu ditentang oleh para pemimpin kaum Tsamud.

Mukjizat Nabi Shaleh Alaihissalam

Mukjizat Nabi Shaleh salah satunya adalah diberinya seekor unta betina yang dilahirkan dari batu atas izin Allah untuk membuktikan kebesaran Allah Swt. Kepada kaum Tsamud. Akan tetapi kaum Tsamud menolak mukjizatnya itu memilih kufur atau ingkar. Mereka malah membunuhunta betina itu, sampai pada akhirnya kaum Tsamud dihukum oleh Allah Swt, dengan diberi azab yang mengakibatkan tubuh mereka hancur.

Cerita Berima Nabi Shaleh Alaihissalam

Shaleh yang bijaksana.
Tapi kaum Tsamud mendustakannya.
Dia berani menentang berhala.
Menyampaikan kebenaran tanpa takut di cerca.

Unta betina menjadi bukit.
Kebesaran Allah Maha Pemberi Rezeki.
Tak disangka padang menghujam unta.
Hingga  mati seketika.

Akhirnya azab bagi para pendosa.
Karena mereka telah durhaka.
Kaum sombong binasa.
Kaum beriman hidup sejahtera.

Cerita, Kisah dan Infromasi ini diambil dari buku Hafidz Doll cerita anak. Terima kasih kepada penulis Hafidz Doll telah memberikan bahan bacaan untuk anak indonesia.

Post a Comment