Kisah-Cerita-Tentang-Nabi-Syuaib-Alaihissalam


Profile Nabi Syuaib Alaihissalam

Nama : Syu’aib Bin Mikail
Jumlah anak : 2 anak perempuan
Usia : 110 tahun
Tempat wafat : Yordania
Masa hidup : 1600-1490 SM
Sebutan kaum : Madyan dan Ashabul Aikah


Dakwah Nabi Syuaib a.s

Syu’aib artinya adalah yang menunjuukkan jalan kebenaran. Beliau diutus kepada penduduk madyan yang berada dibagian barat laut Hijaz. Penduduk madyan adalah penduduk yang pintar dalam berdagang dan bertani. Hanya saja mereka licik, sering menipu dalam menjalin kerjasama terhadap sesama. Jika mereka membeli barang milik orang lain, mereka meminta agar takaran dan timbangannya dilebihkan dari ukuran hak mereka. Begitu sebaliknya, jika mereka menjual mereka berlaku curang dan mengurangi timbangan atau takaran yang menjadi hak orang lain. 


Cerita Nabi Syuaib a.s

Syu’aib ditetapkan oleh Allah untuk menjadi nabi yang tinggal ditimur gunung Sinai kepada kaum madyan dan kaum aikah. Yaitu kaum yang tinggal dipesisir laut merah disebelah tenggara gunung Sinai. Masyarakat tersebut disebut karena perbuatannya yang tidak jujur dalam timbangan dan ukuran. Mereka menyembah Aikah, yaitu sebidah tanah gurun yang ditimbuni pepohonan. 

Syu’aib memperingatkan mereka karena perbuatannya, namun itu tidak dihiraukan oleh kaumnya. Syu’aib ,memceritakan kepada kaumnya Nabi-Nabi terdahulu yaitu kaum Nabi Luth, Nuh, Hud dan Shalih yang paling dekat dengan madyan yang telah dibinasakan oleh Allah karena tidak mau mengikuti perintah dan ajaran-Nya. Karena kaumnya tetap membangkang, Allah memberikan adzab dengan beberapa tahap, pada awalnya kaum madyan diberi adzab dengan diberi udara yang sangat panas yang membakar kulit dan membuat dahaga, sampai-sampai bangunan dan rumah-rumah tidak dapat dijadikan sebagai tempat berteduh. Kemudian Allah memberikan gumpalan awan gelap untuk kaum madyan, mereka pun berbondong-bondong menghampiri awan gelap tersebut berteduh dibawahnya, akan tetapi setelahnya Allah menurunkan petir dengan suara yang sangat dasyat dari awan gelap tersebut. Saat itu juga Allah menimpakan gempa bumi yang sangat luar biasa, sampai seluruh penduduk madyan yang murka itu hancur lebur dengan tanah.  


Cerita Berima Nabi Syuaib Alaihissalam

Syua’ib dari negeri Madyan.
Diangkat Allah menjadi utusan.
Bagi orang-orang yang mengakali timbangan.
Serta mengurangi takaran.

Tapi beliau malah diusir.
Hingga harus tersingkir.
Hanaan tak menyurutkan langkah.
Dia tetap berdakwah.

Azab Allah akhirnya terjadi.
Bagi orang-orang kafir yang merugi.
Negeri kembali dibangun.
Masyarakat pun hidup rukun.

Cerita, Kisah dan Infromasi ini diambil dari buku Hafidz Doll cerita anak. Terima kasih kepada penulis Hafidz Doll telah memberikan bahan bacaan untuk anak indonesia.

Post a Comment