Kisah-atau-Cerita-Nabi-Yakub-Alaihissalam


Profil Nabi Yakub Alaihissalam

Nama : Ya’qub bin ishaq bin ibrahim
Usia  : 147 tah
Masa hidup : 1837 . 1690 SM
Jumlah anak : 12 anak
Sebutan kaumnya : Kaum kan’an

Kerasulan  Yakub Alaihissalam

Ya’qub hijrah dari negeri kan’an menuju Fadaan Aram (Harran) sebelah utara irak. Ya’qub tinggal di harran cukup lama, setelah sekian lama menetap di situ, beliau Lantas menikahi sepupunya, puteri Laban.

Kemudian beliau kembali lagi kepada keluarganya di kan’an setelah Allah menganugerahi sepuluh putra dari sepupunya dan istrinya yang lain. Setelah Ya’qub kembali lagi ke kan’an, Allah menganugerahinya dua putra, yaitu yusuf dan benyamin. Dengan demikian, jumlah putranya menjadi dua belas orang. Di tempat itulah dia menyempurnakan risalah ayahnya ishaq dan kakenya nabi ibrahim untuk menyeru kepada ajaran Allah swt.

Kisah Nabi Yakub Alaihissalam

Nabi Ya’qub adalah putra dari nabi ishaq bin ibrahim dan ibunya bernama rifqah binti A’zar. Nabi ishaq mempunyai anak kemba, yang satu bernama Ya’qub sama sepetinya dan satunya bernama ishu. Namun diantara keduanya ini tidak ada rasa rukun dan saling mengasihi, mereka saling mendendam bahkan bermusuhan satu sama lain. Ishu mendendam kepada Ya’qub yang memang lebih di manjakan ketimbang dirinya serta lebih di sayang dan di cintai oleh ibunya. Melihat saudranya yang semakin mendendam itu, kemudian Nabi Ya’qub mengadu kepada ayahnya. Dia berkata, “Wahai ayahku ! Tolong, berikanlah pikiran kepadaku. Bagaimana aku harus bersikap kepada saudaraku ishu yang selalu membenciku, mendendamku, mengancamku dan menyindirku dengan kata-kata yang menyakitkan hatiku.”

Nabi ishaq kemudian menjawab keluh kesah anaknya itu, “Wahai anakku ! karena umurku yang sudah lanjut, aku tidak dapat menengahi kalian berdua. Aku khawatir jika aku sudah tutup usia, hubungan antara kalian berdua akan semakin buruk dan tegang. Maka jalan terbaik menurutku adalah kamu harus pergi meninggalkan negeri ini dan hijrah Faddan Aram di daerah irak, di mana bapak saudaramu dan saudara dan derajatmu akan di naikkan oleh masyarakat sana.

Cerita Berima Nabi Yakub Alaihissalam

Ya’kub memulai perjalanan.
Hendak bertemu Laban sang paman.
Demi belajar akhlak mulia.
Dari pria tua yang bijaksana itu.

Tibalah waktunya berumah tangga.
Mahar dibayar dengan bekerja.
Janji terpenuhi.
Idaman hati akhirnya di nikahi.

Keluarga besar di bina.
Melewati masa suka dan duka.
Anak tersayang pergi.
Entah kapan akan kembali.

Cerita, Kisah dan Infromasi ini diambil dari buku Hafidz Doll cerita anak. Terima kasih kepada penulis Hafidz Doll telah memberikan bahan bacaan untuk anak indonesia.

Post a Comment