kisah-cerita-nabi-yusuf-alaihissalam


Profil Nabi Yusuf Alaihissalam

Nama : Yusuf bin Ya’qub
Jumlah Anak : 3 Anak (12 laki-laki dan 1 perempuan)
Usia : 110 tahun
Masa Hidup : 1745 – 1635 SM
Tempat Lulus : Mesir
Sebutan Kaumnya : Heksos dan Bani Israil

Tempat Wafat : Nablus


Ketampanan nya begitu rupawan. Perilakunya sangat menawan. Tapi bahaya selalu datang. Sampai ke dalam sumur Yusuf dibuang. Nasib membawanya ke istana hingga kemudian ke penjara.

Berkat mukjizat meramal mimpi sang raja pun mempercayai. Dimana ada perpisahan pasti ada pertemuan. Ayah dan anak kembali berjumpa sungguh bahagia tiada tara.


Pengutusan Nabi Yusuf Alaihissalam

Nabi Yusuf adalah salah satu Nabi dan Rasul yang tidak termasuk Ulul Azmi. Rasulullah Muhammad saw, memuji beliau dalam sabdanya “dia (Yusuf) adalah orang yang mulia, anak orang yang mulia, cucu orang yang mulia, dan cicit orang yang mulia. Yaitu Yusuf bin Ya’qub bi Ishaq bin Ibrahim.” (HR.Bukhari).

Nabi Yusuf diutus untuk menggantikan ayahnya yaitu Nabi Ishaq. Dia bermimpi melihat sebelas planet, matahari, dan bulan bersujud padanya. Kemudian mimpinya itu diceritakan kepada ayahnya. Tapi ayahnya ya’qub menyuruhnya agar tidak menceritakan kepada saudara-saudaranya. Yusuf juga adalah anak yang paling disayang oleh orang tuanya dari pada saudara-saudaranya. Mimpi itu adalah isyarat bahwa telah nampak kerasulan Yusuf.


Kisah Nabi Yusuf Alaihissalam

Di dalam al-quran dikatakan bahwa Yusuf adalah sebagai pria yang sangat tampan, ini digambarkan ketika yusuf masih remaja. Dimana istri tuanya yang bernama Zulaikha tertarik untuk menggodanya karena tidak kuat melihat ketampanannya dan setiap wanita yang melihatnya pasti tertarik kepadanya. Sehingga dia mengancam Yusuf akan dipenjara jika tidak mau mengikuti perintahnya. Namun Yusuf tetap teguh dan akhirnya dia dipenjara bersama dengan dua tahanan lainnya.

Kedua temannya ini mengetahui bahwa Yusuf mempunyai kejujuran yang sangat tinggi dan dapat menafsirkan mimpi. Pada beberapa tahun berikutnya, raja bermimpi dan menanyakan artinya.

Penuang minuman itu akhirnya teringat kepada Yusuf yang bisa menafsirkan mimpi.
Kemudian Yusuf menafsirkan mimpi raja dan mengatakan bahwa akan terjadi tujuh panen yang berlimpah ruah, kemudian diiringi dengan tujuh panen yang sedikit dan kemudian ada tahun yang penuh dengan hujan.

Setelah raja mendengar tafsir Yusuf tersebut akhirnya raja memanggil Yusuf. Akhirnya Yusuf dibebaskan dan diberikannya pekerjaan untuk mengurusi hasil bumi di negeri itu.

Cerita, Kisah dan Infromasi ini diambil dari buku Hafidz Doll cerita anak. Terima kasih kepada penulis Hafidz Doll telah memberikan bahan bacaan untuk anak indonesia.

Post a Comment