kacang-roay-gambar-bagian-bagian-tanaman-kacang-roay-yodha-anindita
Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita

Kacang Roay – Halo pembaca, gimana kabar anda hari ini? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Pada artikel kali ini penulis akan membahas tentang “Kacang Roay”. Apakah diantara anda sudah tahu jenis kacang-kacangan yang satu ini? Jika anda lebih ahli dalam hal ini, tolong bantu penulis dengan memberi komentar di bagian bawah.

Oh ya,. Pada artikel ini penulis mencoba membahas dengan lengkap tentang kacang roay, mulai dari : 
sekilas tentang kacang roay, bagian-bagian pada tanaman kacang roay, perbedaan kacang roay dan kacang koro, bibit kacang roay, cara menanam kacang roay, manfaat kacang roay, cara memasak kacang roay. Semoga artikel ini bisa membantu anda mengetahui informasi penting kacang roay dan manfaat yang bisa anda dapat dari tanaman yang satu ini. Yuk kita lanjut baca!

Sekilas Tentang Kacang Roay

Apa yang anda ketahui tentang kacang roay? Penulis akan coba membahas kacang roay mulai dari yang paling dasar ya. Secara umum kacang roay merupakan tanaman yang tumbuh merambat, penanaman kacang roay biasanya membutuhkan rambatan atau ajir untuk mempermudah pertumbuhan tanaman.

kacang-roay-di-kebun-sendiri-yodha-anindita
Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita

Pada beberapa kasus tanaman kacang roay biasanya ditumbuhkan merambat ditanah tanpa menggunakan ajir, sehinga bisa menutupi bagian tanah dan tanah tidak ditumbuhi gulma. Kekurangan ketika kita menanam kacang roay tanpa rambatan ialah, sulit memanen kacang roay nantinya.

Kacang roay memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan gizi yang terkandung didalamnya. Proses penanaman kacang roay tergolong mudah dan cepat dalam pertumbuhan. Beberapa nama lain kacang roay diantarnya :

  • kacang mas
  • kårå
  • kratok
  • gribig
  • saru
  • kacang merah
  • kacang jawa
  • kacang cina
  • kekara kratok
  • sibatse simaron
  • patáni
  • zabache
  • thua rachamat
  • dâu ngu
  • kårå legi
  • kårå manis
  • kårå bethik

Banyak orang mengatakan tanaman kacang roay ini bisa merambat hingga 4 meter, penulis sendiri belum melakukan experiment membuat rambatan setinggi 4 meter. Penulis hanya pernah membuat rambatan setinggi 2 meter. Jika diantara pembaca ada yang pernah melakukan hal tersebut dengan kacang roay, silahkan komentar dan berikan fotonya ya. Supaya bisa diupload dan memberikan manfaat untuk pembaca lainnya.

Bagaimana dengan klasifikasi ilmiah kacang roay? Mungkin ini yang menjadi pertanyaan bagi anda yang ilmiah tentunya. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah kacang roay:

Kingdom : Plantae
Ordo : Fabales
Famili : Fabaceae
Subfamili : Faboideae
Bangsa : Phaseoleae
Genus : Phaseolus
Spesies : P. lunatus
Nama binomial : Phaseolus lunatu


Kacang roay mungkin akan sangat familiar dengan suku sunda atau orang sunda, kadang juga disebut kacang mas. Beberapa orang memiliki prasangka bahwa kacang roay adalah sama dengan kacang kapri atau kecipir, namun kenyataannya adalah berbeda. Memang sedikit sulit membedakan jenis kacang-kacangan ini jika hanya dari pembicaraan. Berikut adalah gambar yang bisa anda lihat untuk membedakan ketiga jenis kacang tersebut.

perbedaan-kacang-roay-kacang-kapri-kacang-kecipir-yodha-anindita
Kacang Roay, Kacang Kapri dan Kecipir

 

Kacang roay dalam bahasa Jawa

Suku jawa atau orang jawa tidaklah familiar dengan kacang roay, mereka lebih mengenal dengan sebutan kacang kårå atau kacang kratok. Sebagai informasi tambahan, kacang roay di pulau jawa sering juga disebut kacang kårå legi, kacang kårå manis, atau kacang kårå bethik.

 

Kacang roay dalam bahasa Madura

Lain di Sunda, lain di Jawa, maka lain pula di Madura. Kacang roay lebih dikenal dengan sebutan kacang gribig, beberapa orang juga masih sering menyebutnya dengan kacang kratok. Di daerah Minahasa, kacang roay sering disebut kacang saru. Di daerah Pontianak kacang roay sering disebut kacang merah.

 

Kacang roay di negara Malaysia

Negara tetangga kita yang satu ini juga memiliki sebutan yang khas akan kacang roay, yakni kacang kekara kratok. Sering juga disebut kacang jawa atau kacang cina.

 

Kacang roay di negara Filipina, Thailand dan Vietnam

Bagaimana sebutan kacang roay di negara lainnya? jika kalian tahu, silahkan sampaikan di kolom komentar ya. Btw sebutan kacang roay untuk negara Filipina adalah sibatse simaron, patáni, zabache. Sebutan kacang roay untuk wilayah negara Thailand thua rachamat, dan sebutan untuk wilayah vietnam adalah dâu ngu.


Bagian-Bagian Pada Tanaman Kacang Roay

Oke sekarang kita masuk ke bagian kedua, tentang bagian-bagian pada tanaman kacang roay. Mohon dikoreksi ya jika penulis menyampaikan hal yang tidak sesuai dengan fakta. Baik, pada bagian ini kita akan membahas akar, batang, daun, bunga, buah dan biji pada tanaman kacang roay.

Akar pada tanaman kacang roay

Tentu para pembaca sudah mengetahui bahwa : akar merupakan bagian dari tanaman yang umumnya ada didalam tanah. Penulis bukanlah ahli dalam bidang pertanian, atau bahkan pernah kuliah di IPB(Institut Pertanian Bogor). Penulis hanya tahu akar terbagi menjadi 2 jenis yakni :
  • akar tunggang
  • akar serabut
Penulis memprediksi akar pada tanaman kacang roay termasuk kedalam kategori akar tunggang, karena memiliki biji bersifat dikotil atau dua keping. Yang penulis tahu tentang akar serabut adalah akar pada tanaman jagung, karena bersifat biji monokotil.

Nah, supaya pembaca bisa melihat sendiri jenis akar pada tanaman kacang roay, penulis sudah mengambil gambar akar tanaman kacang roay yang masih kecil. Berikut adalah gambar akar tanaman kacang roay yang masih kecil.


akar-tanaman-kacang-roay-yodha-anindita
Gambar diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita


Batang pada tanaman kacang roay

Lanjut ke bagian batang tanaman kacang roay. Berdasarkan pengalaman penulis menanam kacang roay, ukuran diameter batang tanaman kacang roay tidaklah besar. Paling besar diameternya seukuran jari telunjuk orang dewasa, mungkin sekitar 1 hingga 2 centimeter. Batang tanaman kacang roay sangat cepat sekali menjalar, mungkin jika pertumbuhannya bagus dan nutrisi dalam tanah cukup, dalam waktu 1 bulan setelah tanam anda sudah bisa melihat buah dari tanaman roay ini.

Berikut ini adalah gambar batang dari tanaman kacang roay yang penulis sudah tanam sebelumnya.
batang-tanaman-kacang-roay-yodha-anindita
Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita

Sebelum tanaman mulai bercabang dan merambat, pastikan anda menyediakan rambatan yang cukup kuat dan tinggi. Hal ini perlu anda lakukan untuk mengantisipasi pertumbuhan cepat dan bobot tanaman nantinya. Berikut adalah gambar tanaman kacang roay yang sudah merambat pada bambu sebagai media rambat.
batang-tanaman-kacang-roay-sudah-melilit-ke-rambatan-yodha-anindita
Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita

Oh, ya,. satu hal lagi yang perlu anda ketahuli. Batang muda atau ranting muda yang mulai merambat kesana-kemari akan memiliki tekstur yang cukup kasar. Perhatikan arah rambatannya, khawatir membahayakan lingkungan sekitar.

Daun pada tanaman kacang roay

Bagaimana dengan bentuk daun tanaman kacang roay ini? Penulis sendiri agak sulit menjelaskannya dalam bentuk kata-kata. Kurang lebih bentuk daun tanaman kacang roay ini memiliki anak daun berjumlah tiga, warnanya hijau muda ketika masih muda, dan berubah menjadi hijau tua ketika sudah mulai tua, hingga berubah menjadi warna kuning dan coklat jika sudah mau gugur. Bentuknya pada bagian ujung akan meruncing dan pada bagian pangkal akan membulat.

Berikut adalah gambar daun tanaman kacang roay yang sempat penulis abadikan dengan kamera handphone.


daun-tanaman-kacang-roay-yodha-anindita
Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita

Supaya gambar daun tanaman kacang roay lebih jelas, penulis coba petik dan mengambil foto dengan back ground putih. Semoga bisa memperjelas bentuk dari daun tanaman kacang roay. Berikut gambarnya :
kacang-roay-gambar-daun-kacang-roay-yodha-anindita
Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita

 

Bunga pada tanaman kacang roay

bunga-kacang-roay-yodha-anindita
Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita

Tanaman kacang roay memiliki bunga yang jumlahnya banyak dalam setiap batang bunga, bunga dari tanaman kacang roay yang penulis miliki berwarna ungu muda. Bentuk bunga tanaman kacang roay berbentuk lonceng. Karena cukup sulit menjelaskan tentang bunga tanaman kacang roay, penulis mengambil dari sumber wikipedia. Berikut penjelasan tentang bunga tanaman kacang roay :

Perbungaan berupa tandan di ketiak, panjang hingga 15 cm, dengan banyak buku dan kuntum bunga, daun pelindung (brakteola) tidak rontok. Bunga relatif kecil dengan kelopak bentuk lonceng; mahkota 0,7-1,0 cm, dengan bendera bentuk tudung, hijau pucat atau ungu; sayapnya putih atau ungu; lunasnya terlipat tajam, putih atau kadang-kadang berwarna. Benang sari 10 helai dalam dua tukal.
 Sumber penulis sertakan disini : wikipedia

Nah, supaya para pembaca juga bisa mengetahui bagaimana bentuk dari bunga tanaman kacang roay, penulis sudah menyediakan gambarnya.


bunga-kacang-roay-dikebun-yodha-anindita
Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita

Buah pada tanaman kacang roay

Bagaimana sih bentuk buah tanaman roay yang enak untuk dikonsumsi sebagai lalab mentah? Berikut adalah gambar buah tanaman roay yang masih muda dan enak untuk dimakan mentah.

Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita

Biji pada tanaman kacang roay

Nah, sekarang kita lanjut ke bagian biji tanaman kacang roay. Jika buah tanaman roay sudah tua, ukuan biji akan cukup besar dan kulit buah menjadi berserat dan tidak mudah untuk di kunyah. Biji buah tanaman roay memiliki rasa yang enak untuk disertakan dalam sayur asam, sayur sop atau pengganti kacang merah.

Berikut ini adalah gambar biji pada tanaman kacang roay:

gambar-biji-tanaman-kacang-roay-putih-hingga-hitam
Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita

Berikut adalah gambar buah tanaman roay yang sudah cukup dewasa:

kacang-roay-sudah-dewasa-cocok-untuk-sayur
Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita

Berikut adalah gambar buah tanaman roay yang sudah tua dan bisa digunakan untuk benih penanaman selanjutnya:
kacang-roay-tua-cocok-untuk-benih
Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita

Untuk mendapakan benih yang memiliki tingkat pertumbuhan tinggi, pastikan anda memilih kacang dengan kulit sudah berwana coklat menyeluruh dan kering.


Perbedaan Kacang Roay dan Kacang Koro

Banyak orang yang menganggap kacang roay dengan kacang koro adalah jenis yang sama. Padahal terdapat perbedaan diantara keduanya. Salah satu tanaman kacang koro adalah koro pedang. Kacang koro pedang ini memiliki buah yang cukup besar, 5 hingga 10 kali lipat ukuran kacang roay. Walau sama-sama tumbuh merambat, namun bunga dan daun memiliki bentuk yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa gambar kacang roay dan kacang koro, mungkin anda bisa menemukan perbedaan diantara keduanya.

gambar-kacang-roay-perbedaan-dengan-kacang-koro
Gambar Kacang Roay

Gambar Kacang Koro

Gambar tanaman kacang roay

gambar-kacang-koro-perbedaan-dengan-kacang-roay
Gambar tanaman kacang koro

Bibit Kacang Roay

Oke, selanjutnya kita lanjut ke pembahasan tentang bibit kacang roay. Setelah kita memiliki kacang roay yang sudah tua, kita bisa menyimpannya sebagai benih kacang roay. Untuk membuat bibit kacang roay, tinggal menyemainya pada media tanam sekitar 1 hingga 2 minggu. Setelah tumbuh beberapa daun utama, kita tinggal memindahkannya pada lokasi penanaman.

Berikut ini adalah beberapa gambar mengenai bibit kacang roay yang sudah siap tanam:

tanaman-kacang-roay-siap-pindah-tanam
Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita


ukuran-tanaman-kacang-roay-siap-pindah-tanam
Gambar Diambil dari Kebun Sayur Yodha Anindita



Cara Menanam Kacang Roay

Bagaimana cara menanam tanaman kacang roay? Sebetulnya cara menanamnya sangatlah mudah. bahkan jatuhan biji kacang roay ke tanah dari buah yang sudah tua saja bisa menumbuhkan bibit.






Manfaat Kacang Roay

Cara Memasak Kacang Roay


Demikian informasi lengkap tentang kacang roay. Beberapa hal yang sudah kita bahas diantaranya : sekilas tentang kacang roay, bagian-bagian pada tanaman kacang roay, perbedaan kacang roay dan kacang koro, bibit kacang roay, cara menanam kacang roay, manfaat kacang roay, cara memasak kacang roay. Semoga informasi ini berguna bagi anda. Sekian dan tentu saja terima kasih.

Post a Comment