Pengertian Mikroskop - Mikroskop adalah salah satu alat laboratorium yang biasa digunakan untuk mengamati objek berukuran kecil. Beberapa diantara anda mungkin masih pelajar dan belum pernah menggunakan mikroskop. Pada artikel kali ini penulis akan membahas tentang "Pengertian Mikroskop Menurut Beberapa Sumber Terpercaya". Yuk kita lanjut baca artikelnya.

pengertian mikroskop menurut beberapa sumber terpercaya

Sebetulnya beberapa diantara kita sudah mengerti dan tahu benda seperti apa mikroskop itu. Namun kadang perlu definisi mikroskop dalam bentuk kalimat yang mudah disampaikan, agar orang lain mengerti. Versi pertanyaan mungkin jadi : Apa itu mikroskop? Sederhananya, mikroskop adalah alat yang yang digunakan untuk melihat atau mengamati objek berukuran mikro. Supaya lebih mengerti, ayo kita bahas pengertian mikroskop berdasarkan bahasa dan istilah. 

 

Pengertian Mikroskop Berdasarkan Bahasa

Oke kita mulai dari pembahasan mikroskop berdasarkan bahasa. Kata mikroskop yang sering kita ucapkan saat ini merupakan sebuah kata serapan dari bahasa inggris, yakni microscope. Apakah asli dari bahasa Inggris? tentu saja tidak. Bahasa Inggris tersebut juga merujuk kepada bahasa Yunani. Terdiri dari dua suku kata, yakni : micro dan scopein.

 

Micro memiliki arti kecil atau sangat kecil. Sedangkan scopein memiliki arti melihat atau mengamati. Dari dua suku kata tersebut tentu kita bisa mengerti bahwa mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat atau mengamati benda yang memiliki ukuran kecil atau sangat kecil.


Pengertian Mikroskop Berdasarkan Istilah

Bagaimana jika kita mengartikan mikroskop berdsarkan istilah? Tidak akan beda jauh pemahamannya sobat. Masih mengacu pada proses mengamati benda berukuran kecil. Mikroskop memiliki arti sebuah alat laboratorium  yang digunakan untuk mengamati objek berukuran kecil. Akan timbul pertanyaan baru, mengapa mesti mengamati objek dengan menggunakan mikroskop? Nah jawabannya, karena objek tersebut terlalu kecil untuk diamati dengan mata telanjang.

 

Contoh sederhana pengamatan objek dengan menggunakan mikroskop misalnya : mengamati struktur tubuh pediculus humanus capitis atau lebih dikenal dengan kutu rambut. Kalau yang anda amati struktur tubuh kucing, tentu masih bisa dengan mata telanjang. Mau coba mengamati struktur tubuh kutu rambut secara langsung? silahkan coba sendiri.
Bagaimana dengan pengertian mikroskop dari sumber sumber lain? Berikut ini beberapa arti mikroskop yang penulis ambil dari sumber website:

 

Penjelasan Mikroskop Menurut Wikipedia

pengertian mikroskop diambil dari sumber wikipedia

Mikroskop (bahasa Yunani: micros = kecil dan scopein = melihat) adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat secara kasatmata. Mikroskop merupakan alat bantu yang dapat ditemukan hampir diseluruh laboratorium untuk dapat mengamati organisme berukuran kecil (mikroskopis). Ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopi, dan kata mikroskopik berarti sangat kecil, tidak mudah terlihat oleh mata.

Penjelasan Mikroskop Menurut Andarupm

Screen shoot pengertian mikroskop dari website andarupm distributor alat laboratorium

Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat objek dengan ukuran kecil, karena sangat kecilnya objek yang diamati sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Beberapa objek yang biasa diamati menggunakan mikroskop diantaranya mikro organisme, jaringan (tumbuhan atau hewan), bakteri hingga virus.

Penjelasan Mikroskop Menurut Dictionary Cambridge

pengertian mikroskop diambil dari website luar

"a device that uses lenses to make very small objects look larger, so that they can be scientifically examined and studied". Dapat diartikan sebagai perangkat yang menggunakan lensa untuk membuat objek berukuran sangat kecil terlihat lebih besar. Kemudian dari proses pengamatan tersebut bisa dipelajari lebih lanjut secara ilmiah.

 

Oke, demikian beberapa penjelasan mengenai pengertian mikroskop, semoga bisa membantu anda dalam memahami apa itu mikroskop. Jika jika diantara anda ada yang lebih expert atau ahli dalam bidang penggunaan mikroskop. Silahkan bantu beri penulis dengan mengisi kolom komentar. Sekian, dan tentu saja terima kasih.

Post a Comment